Senin, 29 April 2024
Sosok Inspirasi

Tim RG Pengkajian Seni FSRD UNS Gelar FGD Bahas Rintisan Desa Kreatif Pereng

Kamis, 20 Juli 2023
fsrd.jpg
Humas UNS

KISUTA.com – Tim Riset Grup (RG) Pengkajian Seni Program Studi (Prodi) Seni Rupa Murni Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD). Dengan mengangkat tema Eksplorasi Potensi Alam, Sosial, Seni, dan Budaya sebagai Dasar Realisasi Desa Kreatif, kegiatan FGD dilaksanakan di Mangkunegara Lounge UNS Inn pada Selasa (18/7/2023).

Kegiatan diskusi melibatkan Dosen Peneliti RG Pengkajian Seni dan Mahasiswa Prodi Seni Rupa Murni FSRD UNS, yang terlibat dalam P2M dengan diketuai oleh Dr. Desy Nurcahyanti, S.Sn, M.Hum. Diskusi dibuka oleh Wakil Dekan Perencanaan, Kerjasama Bisnis dan Informasi FSRD UNS, Dr. Nooryan Bahari, M.Sn. Dr. Nooryan turut mendukung penuh terlaksananya kegiatan penelitian oleh Tim RG Pengkajian Seni Prodi Seni Rupa Murni FSRD UNS.

“Penelitian yang dilakukan Tim RG Pengkajian Seni Prodi Seni Rupa Murni FSRD UNS sangat bagus. Semoga tujuan dari penelitian dapat tercapai dan saya sangat mendukung atas terlaksananya kegiatan ini,” ujar Dr. Nooryan.

Kegiatan FGD juga mengundang Kepala Dinas Pariwisata yang memberikan materi mengenai beberapa Desa Wisata yang ada di Kabupaten Karanganyar. Kemudian dilanjutkan pemaparan materi oleh Setiawan, S.Sn., M.A. selaku Ketua Green Lab FSRD UNS. Setiawan menyampaikan materi tentang Konsep Desa Kreatif Berbasis Potensi Alam, Lingkungan Sosial, Seni, dan Budaya dengan berlatarkan sejarah Kerajaan Majapahit.

Pada kesempatan tersebut, Perangkat Desa yang terdiri dari Kepala Desa Pereng, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar, Sriyanto, S.Pd; Bendahara Desa Pereng, Indro Dwi Susanto, S.Sn., serta dua jajaran lainnya juga ikut serta dalam diskusi ini. Tidak lupa dalam diskusi ini juga dihadiri oleh Dwi Martuti Rahayu selaku Pengusaha Wondis Cokelat yang idenya menginspirasi untuk membangun Desa Kreatif di wilayah Pereng, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar.* das - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya