Senin, 29 April 2024
Sosok Inspirasi

Dosen FISIP UNS Kunjungi School of Government Universiti Utara Malaysia

Kamis, 20 Juli 2023
ados1.jpg
Humas UNS

KISUTA.com - Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berkomitmen mendukung upaya UNS menjadi World Class University (WCU). Bentuk komitmen yang dilakukan salah satunya melalui kerja sama dengan universitas luar negeri berperingkat tinggi di lembaga perankingan QS.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Dekan FISIP UNS, Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si. bersama dengan Wakil Dekan Sumber Daya Manusia, Keuangan dan Logistik FISIP UNS, Dr. Ahmad Zuber, S.Sos., D.E.A. dan Dosen Prodi Administrasi Negara FISIP UNS sekaligus Kepala UPT Kerjasama dan Layanan Internasional UNS, Rino Ardhian Nugroho, S.Sos., M.T.I., Ph.D. melakukan kunjungan ke Universiti Utara Malaysia (UUM) di Sintok, Kedah, Malaysia pada tanggal 16-18 Juli 2023 kemarin. UUM merupakan salah satu public university yang berkembang cepat. Pada tahun 2023 ini UUM mendapatkan peringkat QS by Subject pada ranking 151- 200. Cepatnya pertumbuhan ini membuat FISIP UNS tertarik untuk bekerja sama dengan School of Government (SOG) UUM.

“Setelah melalui interaksi yang panjang antara FISIP UNS dan SOG UUM, dimulai dari visiting lecture Dr. Muslimin Wallang dari SOG UUM ke UNS pada 2020 lalu, diikuti dengan student exchange mahasiswa FISIP UNS ke SOG UUM pada 2021, dan yang terbaru adalah visiting lecture Accosiate Professor Dr. Halimah Abdul Manaf pada awal 2023 kemarin,” terang Prof. Ismi.

Kemudian pada 16 hingga 18 Juli 2023 kemarin, SOG UUM mengundang FISIP UNS untuk melakukan kegiatan akademik berupa visiting lecture dan international community services. Pada visiting lecture, SOG UUM mengundang Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si. untuk memberikan kuliah dengan tema Policy Framework for Gender-Sensitive Public Governance in Indonesia; Dr. Ahmad Zuber, S.Sos., D.E.A. dengan tema Public Policy on Rural Development in Indonesia dan Rino Ardhian Nugroho, S.Sos., M.T.I., Ph.D. dengan tema IT Prospects and Challenges in Indonesia Public Sector.

Setelah itu, SOG UUM juga mengajak ketiga visiting lecture dalam kegiatan International Community Services dengan tema International Community Services: Academic Counseling to Malaysia Youth. Kegiatan ini melibatkan pemuda-pemudi Malaysia dengan tujuan untuk memberikan perspektif pada mereka tentang berkarir dalam dunia kerja Internasional. Di sela-sela kegiatan tersebut, kedua universitas mitra ini juga bersepakat untuk melakukan beragam kegiatan ke depan seperti penelitian, pertukaran dosen dan mahasiswa, peningkatan kualitas jurnal ilmiah, pengabdian masyarakat internasional dan pengembangan program studi S-3 bidang Administrasi Publik. Kesepakatan tersebut dituangkan ke dalam action plan untuk tahun-tahun berikutnya.* das - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya