Senin, 29 April 2024
Sosok Inspirasi

FKIP UNS Gelar Pelatihan Bahasa Inggris kepada Atlet Paracycling

Jumat, 21 Juli 2023
bahasa.jpg
Humas UNS

KISUTA.com – Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerja sama dengan National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) mengadakan pelatihan Bahasa Inggris kepada para atlet paracycling. Pelatihan yang bertajuk “English for Sports” ini dimaksudkan agar para atlet lebih mudah untuk menjalin komunikasi dengan atlet lain saat bertanding di luar negeri.

Dr. Nur Arifah Drajati, M.Pd. selaku Koordinator dan Ketua Pelaksana dari acara ini mengungkapkan bahwa tujuan dari kerja sama ini adalah untuk memenuhi kebutuhan para atlet paracycling agar dapat berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris.

“Tujuan dari kerja sama antara Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dengan Fakultas Keolahragaan (FKOR) ini adalah untuk mencoba membangun kerja sama memenuhi apa yang dibutuhkan oleh para atlet paracycling, terutama skill berbahasa Inggris,” ungkap Dr. Arifah yang disampaikan pada saat pembukaan pelatihan bahasa Inggris “English for Sports”.

Dr. Arifah turut berharap, melalui kerja sama ini dapat mendatangkan manfaat bagi para atlet dan dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mereka.

Sementara itu, pelatihan ini diadakan selama 6 kali pertemuan dari 6-17 Juli 2023. Terdapat sekitar 20 atlet yang bergabung. Selama pelatihan berlangsung, para atlet akan difasilitasi dengan Artificial Intelligence (AI).

Selain difasilitasi dengan AI, terdapat satu instruktur utama yang akan memberikan pelatihan berbicara Bahasa Inggris dan mentor-mentor pendamping yang melatih para atlet untuk berbicara dalam Bahasa Inggris pada grup-grup kecil. Dengan adanya praktik berbicara ini, para atlet diharapkan mampu berkomunikasi baik dengan pelatih, wasit/juri, maupun dengan lawan dari luar negeri.

Lebih lanjut, pelatihan Bahasa Inggris ini disambut baik oleh Febriani Fajar Ekawati, S.Pd., M.Or., Ph.D. selaku salah satu pengajar di FKOR UNS. Ia mengatakan bahwa pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan para atlet untuk berkomunikasi dengan para atlet internasional.

“Alangkah baiknya jika para atlet paracycling ini dapat berkomunikasi dengan para atlet dari luar negeri tanpa harus menunggu penerjemah untuk membantu selama percakapan berlangsung, menurut saya itu sangat tidak efisien ya. Jadi, kami dari FKOR UNS sangat menyambut baik rencana kerja sama ini,” kata Febriani.* das - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya