Sabtu, 27 April 2024
Sosok Inspirasi

LSP UNS Adakan Recognition Current Competency

Rabu, 2 Agustus 2023
aan.jpg
Humas UNS

KISUTA.com - Dalam upaya mempertahakan kompetensi asesor di Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, LSP UNS telah menyelenggarakan Recognition Current Competency (RCC) bagi Asesor yang telah memenuhi persyaratan. Kegiatan RCC ini dilaksanakan dua kali, untuk Batch 1 diselenggarakanan pada 7-8 Juli 2023 bertempat di Ruang Meeting Madukara UNS Inn dan Batch 2 diselenggarakan pada 28-29 Juli 2023 bertempat di Ruang Meeting Swiss-Belinn Saripetojo Solo.

Dalam laporannya Ketua LSP UNS, Dr. Aniek Hindrayani, S.E., M.Si. mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan guna memperpanjang sertifikat asesor yang habis masa berlakunya pada tahun 2023 ini. Pada Batch 1 diikuti oleh 24 orang peserta dan pada Batch 2 diikuti 16 orang peserta. “Selain itu, LSP juga telah mengajukan 14 skema baru ke Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan sudah disetujui. Saat ini menunggu tahapan berikutnya yakni full assesment dan witness,” terang Dr. Aniek.

Acara RCC Batch 1 dibuka oleh Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. Hadir dalam acara pembukaan yakni perwakilan Dewan Pengarah, Pengurus LSP, dan para asesor. Adapun Master Asesor dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) adalah Dr. Lenny Brida, Dipl.Tesol, M.Psi., M.Hum. dan Dra. Lisa Natalia, MSc., Ph.D. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut meliputi materi penyegaran dan uji kompetensi asesor.

Pada RCC Batch 2 dibuka oleh Direktur Direktorat Kerjasama, Pengembangan dan Internasionalisasi UNS, Prof. Dr. Ir. Mohamad Harisudin, M.Si. Seperti halnya pada RCC Batch 1, acara RCC Batch 2 ini juga dihadiri oleh Dewan Pengarah, Pengurus LSP, dan para asesor. Master Asesor pada Batch 2 kali ini juga berasal dari BNSP yaitu Dimas Andyan, B.IT., M.M., dan Heri Budi Utomo ST., M.T.

Hal yang disampaikan oleh Master Asesor, Dr. Lenny Brida, Dipl. Tesol, M.Psi.,M.Hum. bahwa masa aktif sertifikat yang dimiliki para asesor adalah tiga tahun, yang kemudian dapat diperpanjang melalui kegiatan RCC ini. Tujuan dari RCC ini adalah untuk memelihara kemampuan asesornya atau refreshment, melalui assesmen kompetensi sesuai ketentuan (kreteria dan standar BNSP) yang berlaku.

“Melalui Recognition Current Competency (RCC), para asesor ini dapat memperpanjang masa berlaku sertifikat kompetensi yang telah dimiliki guna tetap mempertahankan kebutuhan asesor pada skema yang telah ada sesuai bidang ilmu yang relevan,” ujar Dr. Lenny.

Kegiatan RCC Batch 2 ditutup pada Sabtu (29/7/2023), oleh Master Asesor Heri Budi Utomo ST., M.T dengan seremonial pemberian sertifikat bagi perwakilan peserta dan diakhiri dengan foto bersama antara pengurus, peserta dan Master Asesor dari BNSP.* das - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya