Minggu, 28 April 2024
Sosok Inspirasi
Pendidikan

Mahasiswa UNS Sabet 3 Juara pada Ajang Forum Komunikasi Pimpinan FKIP se-Indonesia 2023

Selasa, 8 Agustus 2023
fkip.jpg
Humas UNS

KISUTA.com - Prestasi membanggakan kembali diukir oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Hal ini karena mereka berhasil menyabet 3 juara sekaligus pada ajang Forum Komunikasi Pimpinan FKIP se-Indonesia Tahun 2023 di Universitas Khairun, Ternate, Maluku Utara.

Prestasi membanggakan tersebut dipersembahkan oleh Aulia Akhmad Fahreza dan Putriana Dafa Puspitawati keduanya merupakan mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Surakarta yang meraih Juara II Lomba Media Pembelajaran Tingkat Mahasiswa; Dea Muthia Febry mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika dan Esti Yulandari mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang meraih Juara III Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat Mahasiswa; serta Adlina Nur Azri mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Denanda Nazlah Khairunnisa mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia yang meraih Juara III Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Mahasiswa.

Kepada uns.ac.id, Putri dan Fahreza yang meraih Juara II Lomba Media Pembelajaran mengaku senang dan bersyukur atas raihannya ini. “Perasaan kami senang dan bersyukur karena diberikan kesempatan untuk menjadi juara,” ujar Putri selaku perwakilan tim.

Sementara itu, inovasi media pembelajaran yang dibuat Putri dan Fahreza berfokus pada kontras warna, elemen video, dan materi pembelajaran yang dipadukan mulai dari informasi pengetahuan, lagu pembelajaran, dan diakhiri dengan evaluasi pembelajaran dengan kuis interaktif. Sehingga menghasilkan media pembelajaran dengan memberikan kesan yang menarik untuk anak-anak.

Hal senada juga diungkapkan oleh Esti dan Dea yang meraih Juara III Lomba Debat Bahasa Indonesia. “Alhamdulillah, kami bersyukur atas perolehan ini. Karena kami bisa turut serta memberikan sumbangsih terbaik kami bagi fakultas secara khusus dan UNS secara umum di kompetisi tersebut. Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak, baik keluarga kami maupun tim dari FKIP yang turut membersamai dari berbagai aspek termasuk moral dan finansial,” papar Esti.

Lebih lanjut, Esti turut membagikan tips and trik hingga timnya berhasil meraih juara. Ia mengatakan dalam lomba debat yang paling penting adalah mengerti dan menguasai topik perdebatan. Maka dari itu, pastinya harus banyak membaca, maupun mencari informasi yang berkaitan dengan isu-isu yang sedang menjadi bahan perbincangan. Selain itu perbanyak latihan dan sparing dengan tim lain karena hal tersebut ampuh untuk mengurangi rasa gugup saat berbicara dan menambah pengalaman kita.

Di sisi lain, hal serupa juga disampaikan oleh Adlina dan Denanda yang meraih Juara III Lomba Debat Bahasa Inggris. “Perasaan kami sangat senang dan bersyukur atas raihan prestasi ini. Kami berharap kedepannya kami tetap bisa berupaya untuk berprestasi baik pada lomba debat ataupun pada kesempatan-kesempatan lain,” ujar Adlina.

Terakhir Adlina dan tim turut berpesan untuk senantiasa bersemangat dan jangan lelah untuk mencoba hal-hal baru.

“Mengeksplorasi hal baru sebanyak-banyaknya, percaya pada proses, dan give the best for everything you do. Tetap semangat untuk terus belajar dan berproses agar menjadi individu yang lebih baik lagi,” pungkasnya.* das - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya