Rabu, 1 Mei 2024
Sastra & Humor
Terkait Peristiwa Kekerasan di FMIPA UNS

UNS Tegaskan Tidak Menoleransi Kekerasan Apapun dalam Lingkungan Kampus

Jumat, 25 Agustus 2023
mipa.jpg
Humas UNS

KISUTA.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sangat tidak menoleransi tindak kekerasan dalam bentuk apapun yang terjadi di lingkungan kampus. Hal tersebut disampaikan Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS, Drs. Harjana, M.Si., M.Sc., Ph.D., dalam jumpa pers, Kamis (24/8/2023). Jumpa pers tersebut dilangsungkan di Ruang Sidang Senat Akademik FMIPA UNS usai adanya peristiwa kekerasan di lingkungan FMIPA UNS.

Harjana mengonfirmasi bahwa betul telah terjadi kekerasan kepada salah satu Mahasiswa FMIPA UNS (KU). Terduga pelaku kekerasan tersebut adalah sopir (Y). Terduga pelaku merupakan sopir FMIPA UNS yang berstatus non PNS dan telah bekerja sejak 2015. Pihak Dekanat FMIPA UNS telah melakukan klarifikasi kepada terduga pelaku yang mana menyatakan bahwa terjadinya kekerasan tersebut karena persoalan pribadi masing-masing pihak.

"Ketika diklarifikasi masalahnya apa, masalah pribadi. Maka Dekanat FMIPA UNS menyerahkan sepenuhnya kepada yang berwajib," terang Harjana.

Atas kejadian ini, Dekanat FMIPA UNS menyerahkan kasus kekerasan ini kepada pihak yang berwajib dalam hal ini kepolisian. Harjana mendukung penuh proses pelaporan, penyidikan, dan persidangan terhadap kasus kekerasan yang terjadi di FMIPA UNS.

Lebih lanjut, Beliau berkomitmen akan membantu pihak kepolisian dalam menuntaskan kasus tersebut. FMIPA UNS telah mengambil tindakan tegas dengan menonaktifkan pihak terlapor agar dapat mengikuti proses hukum yang dihadapi.

"Pada prinsipnya bahwa yang bersangkutan telah terinfo melakukan kekerasan, maka langsung kita non aktifkan dari pegawai FMIPA UNS," tambahnya.

Harjana secara tegas menyatakan bahwa Kampus UNS sangat tidak menoleransi kekerasan dalam bentuk apapun dan sekecil apapun yang dilakukan oleh siapapun.

"Dekanat (FMIPA) tidak menoleransi kekerasan dalam bentuk apapun. Kami sudah mengumumkan ini kepada semua pihak bahwa sivitas akademika di FMIPA baik itu dosen, tenaga kependidikan, maupun mahasiswa," tandas Harjana.* das - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya