Senin, 29 April 2024
Sosok Inspirasi

B-Universe Goes to Campus: Ajak Mahasiswa UNS Berperan dalam Pemilu 2024

Kamis, 14 September 2023
agoes2.jpg
Humas UNS

KISUTA.com – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjadi tempat diselenggarakannya acara B-Universe Goes to Campus. Talkshow dan sharing yang bertema “Peran Pemuda Dalam Pemilu 2024” ini digelar di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram, pada Kamis (14/9/2023). Kegiatan ini dihadiri oleh Plt. Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S., Managing Director B-Universe, Apreyvita Wulansari dan ratusan mahasiswa UNS.

Plt. Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. mengatakan, acara B-Universe Goes To Campus merupakan bentuk dukungan dan wadah edukasi kepada generasi muda agar mengetahui dan memahami lebih dalam mengenai peran pemuda dan mahasiswa pada Pemilu tahun 2024 mendatang.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan dan memberikan penjelasan dari beberapa narasumber tentang kesadaran Pemilu. Kesadaran tiap individu ini penting sekali untuk memilih sosok pemimpin masa depan Indonesia. Oleh karena itu, kesadaran-kesadaran mengenai bagaimana kebijakan yang akan dilakukan oleh pemimpin kita lima tahun ke depan penting untuk kita ketahui bersama,” ujar Prof. Yunus.

Managing Director B-Universe, Apreyvita Wulansari dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa B-Universe melibatkan KPU pusat dan KPUD untuk sosialisasi seputar Pemilu.

“Hal tersebut menjadi fokus kami sebagai media. Kami ingin mengangkat topik ini supaya bisa menjadi hal yang biasa, tidak sensitif tetapi mengedukasi dan tidak dipolitisi. Semua mempunyai hak yang sama untuk bisa memilih dan memaksimalkan suaranya pada tanggal 14 Februari nanti,” imbuh Apreyvita.

Kegiatan dilanjutkan dengan acara talkshow dan sharing bersama empat narasumber yaitu Nurul Sutarti, S.P., M.Si. selaku ketua KPUD Surakarta, Edward Trias selaku Komite Independen Sadar Pemilu, Dr. Sunny Ummul Firdaus, S.H., M.H. selaku Kepala Pusat Studi Demokrasi dan Ketahanan Nasional (Pusdemtanas) LPPM UNS, dan Kholid Rifai selaku Ketua Dewan Mahasiswa Fakultas Pertanian (FP) UNS. Dimoderatori oleh news anchor sekaligus produser B-TV yaitu Agung Hardiansyah.

“Kita memang berharap banyak kepada penyelenggaraan Pemilu. Generasi muda adalah sumber daya yang sangat luar biasa untuk 2024. Generasi muda akan mengubah masa depan bangsa Indonesia kalau mereka mau dan respek terhadap penyelenggaraan Pemilu kita. Salah satunya yaitu dengan pendidikan politik. Perlu mentransfer pengetahuan tersebut menjadi barang penting bagi mahasiswa melalui sosialisasi oleh penyelenggara Pemilu. Terutama mengenai aturan penyelenggaraan Pemilu yang mudah dipahami,” terang Dr. Sunny.

B-Universe Goes To Campus memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenai tata cara dan penyelenggaraan Pemilu. Mahasiswa juga dapat memberikan hak suaranya dengan memilih pemimpin masa depan bangsa yang memiliki potensi besar untuk kemajuan bangsa Indonesia.* das-kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya