Senin, 29 April 2024
Sosok Inspirasi

5 Guru Besar Baru UNS Dikukuhkan, Siap Majukan Perguruan Tinggi Berkelas Dunia

Selasa, 19 September 2023
gubes.jpg
Humas UNS

KISUTA.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menambah lima Guru Besar Baru dari empat fakultas. Kelima Guru Besar baru tersebut akan dikukuhkan Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS, Selasa (19/9/2023).

Dalam Konferensi Pers di hadapan media, Senin (18/9/2023) di Ruang Sidang 2 Gedung dr. Prakosa UNS, Sekretaris Senat Akademik UNS, Prof. Ir. Ari Handono Ramelan, M.Sc.(Hons), Ph.D. mengatakan kelima Guru Besar tersebut yang pertama yaitu Prof. Dr. Ars. Avi Marlina, S.T., M.T. Beliau akan dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Transformasi Budaya Bermukim pada Fakultas Teknik (FT). Prof. Avi Marlina merupakan Guru Besar ke-273 UNS dan ke-25 FT dengan pidato inaugurasi berjudul “Arsitektur Regeneratif Menuju Keberlanjutan Kawasan Warisan Budaya Baluwarti Surakarta”.

Kedua Prof. Dr. Eko Pujiyanto, S.Si., M.T. akan dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Manajemen Kualitas pada FT. Prof. Eko Pujiyanto merupakan Guru Besar ke-274 UNS dan ke-26 FT dengan pidato inaugurasi berjudul “Rekayasa Kualitas Produk Untuk Meningkatkan Daya Saing Industri Manufaktur Yang Berkelanjutan”.

Ketiga Prof. Dr. Kundharu Saddhono, S.S., M.Hum. akan dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Sosiolinguistik pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Prof. Kundharu Saddhono merupakan Guru Besar ke- 275 UNS dan ke-70 FKIP dengan pidato inaugurasi berjudul “Bahasa Indonesia Menuju Bahasa Internasional Dalam Perspektif Sosiolinguistik”.

Keempat Prof. Dr. dr. Pamudji Utomo, Sp.OT(K). akan dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Orthopaedi Tulang Belakang pada Fakultas Kedokteran (FK). Prof. Pamudji Utomo merupakan Guru Besar ke-276 UNS dan ke-48 FK dengan pidato inaugurasi berjudul “Penanganan Penyakit Tulang Belakang Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Sumber Daya Manusia”.

Kelima Prof. Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd. dalam bidang, Ilmu Olahraga pada Fakultas Keolahragaan (FKOR). Prof. Sapta Kunta Purnama merupakan Guru Besar ke-277 UNS dan ke-4 FKOR dengan pidato inaugurasi berjudul “Pembinaan Paralympian Menuju Indonesia Emas 2045”.

Sekretaris Senat Akademik (SA) UNS, Prof. Ir. Ari Handono Ramelan, M.Sc., (Hons), Ph.D. berharap semoga dengan penambahan lima Guru Besar baru tersebut semakin penguatkan UNS menuju World Class University (WCU). “Alhamdulillah UNS menambah lima Guru Besar baru dari empat fakultas yaitu FT, FKIP, FK dan FKOR. Semoga dapat memotivasi dosen-dosen lain untuk segera menjadi Guru Besar. Saya senang dan bangga dengan bertambahnya lima Guru Besar baru, semoga mampu meningkatkan mutu UNS sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berkelas dunia,” terang Prof. Ari.* das-kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya