Kamis, 2 Mei 2024
Sastra & Humor

Dorong Partisipasi Jurnalis Papua, Kominfo Gelar Diskusi Publik

Kamis, 21 September 2023
eko.jpg
Dok.Kominfo

KISUTA.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menggandeng sejumlah pewarta asal Papua Barat menggelar forum diskusi publik dengan tema Jurnalis Bermartabat, Media Massa Kuat, Indonesia Hebat di Universitas Padjadjaran (Unpad) Jatinangor, Bandung, Jawa Barat, Rabu (20/9/2023).

"Tujuan kegiatan ini antara lain adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran publik secara khusus mahasiswa tentang kebijakan pemerintah pusat terkait percepatan pembangunan kesejahteraan Papua," kata Ketua Tim IKPP Direktorat IK Polhukam, Ditjen IKP Kominfo, Dwi Dianingsih.

Termasuk mendorong jurnalis Papua dan mahasiswa tentang kebijakan pemerintah pusat terkait percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua.

Selain itu, terang dia, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendorong partisipasi jurnalis Papua dan mahasiswa tentang kebijakan pemerintah pusat terkait percepatan pembangunan kesejahteraan Papua.

Ia menyatakan bahwa gagasan pertemuan jurnalis Papua dengan mahasiswa dilandasi semangat pembaruan dalam meningkatkan jejaring nasional, sehingga penyebaran informasi dapat lebih akurat, terpercaya dan memberi pencerahan kepada masyarakat luas.

Wakil Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad Jenny Ratna Suminar pun mengapresiasi forum diskusi publik yang dihadiri oleh 10 pewarta dari Papua Barat dan ratusan mahasiswa Unpad ini.

Ia berharap seluruh masiswa yang mengikuti forum diskusi ini bisa mendapatkan bekal dan pengetahuan dari para nara sumber yang hadir.

"Anda adalah orang-orang yang beruntung, karena hari ini terpilih untuk ikut diskusi yang luar biasa. Tentu saja manfaatkan kesempatan ini untuk menggali sebanyak mungkin pengetahuan yang nantinya akan menjadi bekal saudara sekalian untuk menghebatkan Indonesia," ujar dia.

Forum diskusi ini dihadiri oleh beberapa nara sumber diantaranya, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Dr. Dadang Rahmat Hidayat, Pemimpin Redaksi Pikiran Rakyat Satrya Graha Laksana, Wartawan Antara Biro Papua Barat Fransiskus Salu Weking dan Wartawan Koran Harian Pagi Tabura Pos Kamasan Fainsenem.

Dr. Dadang Rahmat Hidayat selaku Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad menyampaikan apresiasi dan hal positif yang dapat diambil dari kegiatan ini.

“Saya pikir ini luar biasa sehingga ada kesepahaman antara calon jurnalis dengan jurnalis yang sudah banyak berkiprah. Di bangku kuliah mereka mendapat perspektif dari dosen tapi pada pertemuan hari ini mereka mendapat perspektif langsung dari jurnalisnya,” jelasnya.

Kegiatan forum diskusi ini merupakan rangkaian dari program kunjungan jurnalistik yang diselenggarakan Kominfo di Jakarta dan Bandung.

Selain mengikuti forum diskusi publik, 10 pewarta Papua Barat ini juga diajak mengunjungi Museum Penerangan, Kementerian Kominfo RI, Kantor Dewan Pers, Kantor Berita Antara, Kompas, Pikiran Rakyat, dan Republika Jabar.

Jurnalis yang hadir diantaranya dari LKBN Antara, Kompas TV, TVRI Papua, RRI Papua, Tribun Papua Barat, Koran Tabura Pos, Acemo.id, PapuaStar.com KlikPapua.com, dan Orideknews.com.* das-kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya