Senin, 29 April 2024
Sosok Inspirasi
Menambah Percaya Diri Menuju WCU

UNS Kukuhkan 22 Guru Besar Baru di Bulan September

Kamis, 21 September 2023
gurbes.jpg
Humas UNS
LIMA guru besar baru dari 3 fakultas yang dikukuhkan Rektor UNS, Kamis (21/9/2023).*

KISUTA.com - Kabar gembira menyelimuti Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, pasalnya selama Bulan September 2023 ini UNS menambah 22 Guru Besar baru. Setelah lima Guru Besar dikukuhkan oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. pada Selasa (19/9/2023) kemarin, kini UNS Kembali akan mengukuhkan lima Guru Besar Baru. Kelima Guru Besar baru ini berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Pertanian (FP) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Dalam Konferensi Pers di hadapan media, Rabu (20/9/2023) di Ruang Sidang 2 Gedung dr. Prakosa UNS, Sekretaris Senat Akademik UNS, Prof. Ir. Ari Handono Ramelan, M.Sc.(Hons), Ph.D. mengatakan kelima Guru Besar baru tersebut akan dikukuhkan Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS pada Kamis (21/9/2023).

Guru Besar yang akan dikukuhkan pertama yaitu Prof. Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd. Beliau akan dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Manajemen Pendidikan Sejarah pada FKIP. Prof. Akhmad Arif Musadad merupakan Guru Besar ke-278 UNS dan ke-71 FKIP dengan pidato inaugurasi berjudul “Merawat Persatuan dalam Kebhinekaan melalui Manajemen Pembelajaran Sejarah Terintegrasi Nilai Multikulturalisme”.

Kedua Prof. Dr. Djono, M.Pd. akan dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Bahan Ajar Sejarah pada FKIP. Prof. Djono merupakan Guru Besar ke-279 UNS dan ke-72 FKIP dengan pidato inaugurasi berjudul “Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Wanita Aceh untuk Menanamkan Nilai Nasionalisme Generasi Muda”.

Ketiga Prof. Dr. Suminah, M.Si. akan dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan pada Fakultas Pertanian (FP). Prof. Suminah merupakan Guru Besar ke-280 UNS dan ke-41 FP dengan pidato inaugurasi berjudul “Pendekatan Psikologis Dalam Penyuluhan Untuk Membangun Self Reliance Pelaku Usaha Mikro”.

Keempat Prof. Dr. Ir. Kusnandar, M.Si. akan dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Manajemen Agribisnis pada FP. Prof. Kusnandar merupakan Guru Besar ke-281 UNS dan ke-42 FP dengan pidato inaugurasi berjudul “Strategi Networking UMKM Agribisnis dalam Meningkatkan Inovasi dan Daya Saing”.

Kelima Prof. Dr.rer.nat. Witri Wahyu Lestari, S.Si., M.Sc. akan dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Metal Organic Frameworks (MOF) pada FMIPA. Prof. Witri Wahyu Lestari merupakan Guru Besar ke-282 UNS dan ke-25 FMIPA dengan pidato inaugurasi berjudul “Peranan Material Cerdas Berbasis Metal-Organic Framework (MOF) dalam Bidang Lingkungan, Energi, dan Biomedis”.

Sekretaris Senat Akademik (SA) UNS, Prof. Ir. Ari Handono Ramelan, M.Sc., (Hons), Ph.D. berharap semoga dengan penambahan lima Guru Besar baru tersebut semakin penguatkan UNS menuju World Class University (WCU). “Alhamdulillah UNS menambah lima Guru Besar baru dari tiga fakultas yaitu FKIP, FP dan FMIPA. Semoga dapat memotivasi dosen-dosen lain untuk segera menjadi Guru Besar. Saya senang dan bangga dengan bertambahnya lima Guru Besar baru, semoga mampu meningkatkan mutu UNS sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berkelas dunia,” terang Prof. Ari.

Prof. Ari menambahkan, selama Bulan September ini, UNS akan mengukuhkan 22 Guru Besar baru. “Lima Guru Besar baru kami kukuhkan pada Selasa (19/9/2023) kemarin, lalu lima Guru Besar dikukuhkan pada besok Kamis (21/9/2023), kemudian enam Guru Besar akan dikukuhkan pada Senin (25/9/2023) dan enam Guru Besar lagi akan dikukuhkan lagi pada Rabu (27/9/2023). Semoga acara pengukuhan Guru Besar UNS berjalan lancar,” pungkas Prof. Ari.* das-kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya