Kamis, 2 Mei 2024
Sastra & Humor

Ikatani UNS Berkomitmen Sejahterakan Penyandang Disabilitas Melalui Kewirausahaan

Senin, 2 Oktober 2023
ikatani.jpg
Humas UNS

KISUTA.com - Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Pertanian (Ikatani) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerja sama dengan Komisi Nasional Disabilitas dan Tzu Chi Sinar Mas menyelenggarakan pelatihan pembuatan wedang uwuh. Pelatihan ini melibatkan total sekitar 100 orang Penyandang Disabilitas dan pendamping serta perwakilan Ikatani UNS pada Jumat (29/9/2023).

Kegiatan dalam rangka ulang tahun ke-7 Ikatani ini, bertempat di Gedung Cawang Kencana, Komisi Nasional Disabilitas. Peserta disabilitas berasal dari Karya Tuna Netra (KartuNET), CoffeeBlind Specialty dan Panti Sosial Bina Netra Rungu Wicara Cahaya Batin dikoordinir oleh Vina Ridwan dalam wadah Komunitas Dikat (Disabilitas-Ikatani).

Dalam sambutannya Kepala Badan Kebijakan Perdagangan Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI, Dr. Kasan mengatakan bahwa Kementerian Perdagangan sangat mengapresiasi pelatihan ini dan siap membantu agar produk penyandang disabilitas seperti blind coffee siap bersaing.

Dr. Kasan menegaskan bahwa produk yang dihasilkan oleh penyandang disabilitas tidak kalah bersaing dengan produk pada umumnya, sehingga hal ini perlu diapresiasi dan dikembangkan kedepannya untuk mendorong terwujudnya kesejahteraan bagi penyandang disabilitas.

Sementara itu, Ketua Umum Ikatani UNS, Dina Hidayana mengatakan bahwa Ikatani UNS terpanggil untuk memajukan pertanian Indonesia dengan menggandeng seluruh pihak termasuk penyandang disabilitas.

“Melalui pelatihan wedang uwuh ini, Ikatani UNS siap berkolaborasi untuk melahirkan enterpreneur yang tangguh sekaligus memajukan bilitas” ujar Dina Hidayana.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia, sekaligus Komisioner Komnas Disabilitas RI, Kikin Tarigan menyampaikan bahwa pengarus utamaan isu disabilitas pada sektor pertanian adalah terobosan menarik untuk meningkatkan kemandirian penyandang disabilitas dalam hal keuangan.

"Dengan pengembangan keterampilan ini diharapkan penyandang disabilitas dapat meningkatkan pendapatannya dan kemudian menambah kontribusi pendapatan pajak bagi negara" pungkasnya.

Kegiatan pelatihan ini juga dilengkapi dengan aksi sosial pemberian bantuan Sembako dari Tzu Chi Sinar Mas, yang disampaikan oleh Tawang Sotya Djati selaku Koordinator Tzu Chi Sinar Mas.

Tawang Sotya Djati mengatakan bantuan ini diberikan dengan harapan sedikit banyak mampu membantu penyandang disabilitas untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bantuan ini juga merupakan Komitmen Tzu Chi Sinar Mas untuk terlibat aktif dalam segala kegiatan sosial.* das-kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya