Kamis, 2 Mei 2024
Sastra & Humor

UNS Terima Kunjungan dari Dewan Ketahanan Nasional RI

Kamis, 12 Oktober 2023
dewan.jpg
Humas UNS

KISUTA.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menerima kunjungan dari Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) Republik Indonesia (RI). Dalam kunjungan tersebut, rombongan dari Wantannas yang dipimpin oleh Deputi Bidang Pengkajian dan Penginderaan Setjen Wantannas, Laksamana Muda TNI Dr. TSNB Hutabarat disambut langsung oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. dan Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T. di Ruang Sidang Rektor Gedung dr. Prakosa UNS, Kamis (12/10/2023).

Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. menyambut dengan hangat kehadiran tim dari Wantannas RI yang berkunjung utamanya ke Pusat Unggulan Iptek (PUI) Baterai Lithium UNS. Dalam kesempatan tersebut, Prof. Jamal menyampaikan bahwa UNS memiliki tiga PUI. Yaitu PUI Baterai Lithium, PUI Javanologi dan Center for Fintech and Banking Universitas Sebelas Maret (UNS Fintech Center).

“Saat ini UNS memiliki sekitar 47.000 mahasiswa, lalu sebanyak 1.800 dosen yang hampir 50 persennya bergelar doktor dan 20 persennya merupakan Guru Besar. Apa yang bisa kami berikan terkait dengan Baterai Lithium untuk Wantannas bisa disampaikan dalam kunjungan ini,” terang Prof. Jamal.

Untuk Baterai Lithium, UNS memiliki tempat produksi tersendiri yang berada di Jalan Slamet Riyadi Surkarta atau tepatnya di Purwosari. Prof. Jamal menyampaikan bahwa banyak tokoh yang sudah datang ke PUI Baterai Lithium untuk memberikan dukungan dan masukan untuk perkembangan Baterai Lithium. “Jenderal TNI (Purn.) Moeldoko, Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Dr. Laksana Tri Handoko pernah berkunjung ke PUI Baterai Lithium UNS. Dan PUI Baterai Lithium sudah banyak bekerja sama dengan pihak luar salah satunya dengan Pertamina. Kehadiran Baterai Lithium sangat ditunggu-tunggu karena di Indonesia saat ini mulai banyak ditemukan kendaraan listrik,” imbuhnya.

Prof. Jamal juga menyampaikan bahwa UNS juga memiliki program profesional masuk kampus. “Kami menerima para profesional ini menyumbangkan ilmu dan pengetahuan untuk memberikan kuliah dan praktek untuk mahasiswa UNS. Program ini sangat diapresiasi dan mahasiswa jadi senang karena langsung ketemu praktisi dari industri. Semoga dari Wantannas nanti bisa ikut berpartisipasi untuk memajukan dan menambah pengetahuan untuk mahasiswa UNS,” ujar Prof. Jamal.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengkajian dan Penginderaan Setjen Wantannas, Laksamana Muda TNI Dr. T.S.N.B. Hutabarat mengatakan Dewan Ketahanan Nasional mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan gerakan pembinaan ketahanan nasional guna menjamin pencapaian tujuan dan kepentingan nasional Indonesia.

“Kami mendapat tugas untuk mempelajarai tentang energi baru terbarukan. Yang kami lakukan salah satunya dengan menghubungi UNS karena UNS memiliki penelitian berupa Baterai Lithium. Kami ingin mengetahui secara lebih dalam terkait dengan Baterai Lithium yang diproduksi UNS,” ujarnya.

Laksamana Muda TNI Dr. T.S.N.B. Hutabarat mengucapkan terima kasih kepada UNS atas sambutan hangatnya. “Terima kasih, kami senang karena Pak Rektor langsung menyambut kami,” pungkasnya.* das-kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya