Jumat, 3 Mei 2024
Sosok Inspirasi

Fakultas Psikologi UNS Bekerja Sama dengan Fakultas Psikologi UI Gelar Seminar dan Workshop Internasional

Rabu, 18 Oktober 2023
fp.jpg
Humas UNS

KISUTA.com - Fakultas Psikologi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerja sama dengan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan kegiatan Seminar dan Workshop Internasional bertema "Capacity Building for Indonesian Young Scholars". Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang diawali dengan kuliah umum yang dilaksanakan di UI pada tanggal 10 Oktober 2023 dan kemudian dilaksanakan di UNS pada tanggal 11-12 Oktober 2023.

Di UNS, kegiatan diawali dengan seminar internasional dengan tema "Socially Impactful (Psychology) Research" pada tanggal 11 Oktober di UNS Inn. Kegiatan seminar ini dihadiri lebih dari 500 peserta yang merupakan mahasiswa Psikologi UNS. Seminar ini digelar untuk meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya penelitian psikologi yang memiliki dampak sosial positif di Indonesia.

Hadir dalam Seminar internasional ini yaitu Prof. James H. Liu, Ph.D. dari Massey University of New Zealand serta pembicara dari GoTo Impact Foundation yaitu Aristiwidya Bramantika dan Niken Rarasati. Kegiatan ini dimoderatori oleh Alma Marikka Geraldina, M. A., Ph.D. yang merupakan dosen Fakultas Psikologi UNS.

Kegiatan Seminar dibuka oleh Plt. Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan Fakultas Psikologi UNS, Dr. Aditya Nanda Priyatama, S. Psi., M. Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa dengan diadakannya seminar ini dapat membuka peluang bagi para mahasiswa Psikologi UNS untuk semakin berkembang dalam hal riset secara global. “Fakultas Psikologi UNS berkomitmen untuk berkontribusi terhadap pertumbuhan dan penerapan hasil penelitian psikologi di Indonesia,” terang Dr. Aditya.

Seminar ini diadakan dalam dua sesi. Sesi 1 yang dibawakan oleh Aristiwidya Bramantika dan Niken Rarasati yang membahas tentang "Research and Interventions in Building an Innovation Ecosystem". Sesi selanjutnya dibawakan oleh Prof. James H. Liu, Ph.D. yang membahas tentang "SDGs and Impact-oriented Social Psychology Research". Dalam materinya, beliau menyampaikan bahwa dalam melaksanakan suatu penelitian perlu memastikan bahwa hal tersebut memberikan dampak secara positif pada sekitar, "Not just impact, but make positive impact". Selama seminar berlangsung para peserta tampak antusias, terlebih pada sesi diskusi dan tanya jawab.

Rangkaian acara berlanjut pada tanggal 12 Oktober 2023 berupa kegiatan workshop internasional dengan tema "How to Marry Service, Teaching, and Research" yang bertempat di Gedung UNS Tower Ki Hadjar Dewantara. Workshop internasional ini diadakan sebagai wujud komitmen dalam membangun riset psikologi di Indonesia yang selaras dengan layanan dan pengajaran di perguruan tinggi.

Kegiatan ini menghadirkan kembali Prof. James H. Liu, Ph.D. sebagai pembicara dan bertindak sebagai moderator adalah Moh. Abdul Hakim, M. A., Ph.D. yang merupakan Kepala Program Studi S1 Psikologi Fakultas Psikologi UNS. Kegiatan ini diselenggarakan khusus untuk lulusan S2 psikologi, mahasiswa doktor psikologi, dan dosen. Selama workshop berlangsung, selain penyampaian materi oleh pembicara, terdapat juga sesi presentasi abstrak oleh peserta yang bertema SDGs serta pemberian feedback oleh pembicara, moderator, dan peserta lain. Acara ini dilakukan secara hybrid, yaitu secara offline di Gedung UNS Tower Ki Hadjar Dewantara dan juga melalui Zoom Meeting.* das-kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya