Jumat, 3 Mei 2024
Sosok Inspirasi

Mahasiswa FT UNS Raih Juara 3 International Plant Design Competition Derrick 2023

Rabu, 18 Oktober 2023
derik.jpg
Humas UNS

KISUTA.com - Prestasi di tingkat internasional kembali ditorehkan mahasiswa Teknik Kimia Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Baru saja, Farhan Adisa, Zidan Insa Fauzi, dan Ihsan Hafiz Salim meraih juara 3 International Plant Design Competition Derrick 2023.

Kompetisi ini diselenggarakan oleh Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas pada akhir September 2023 lalu. Kompetisi mendorong inovasi dan kreativitas mahasiswa dalam merancang pabrik secara detail yang dimulai dari analisis pasar hingga kelayakan implementasi rancangan berdasarkan hasil perhitungan ekonomi yang layak.

Dalam kompetisi ini, Farhan dan timnya merancang sebuah pabrik etilen yang ramah lingkungan dan rendah emisi berbahan baku biomassa sebagai alternatif bahan baku selain gas alam, batu bara atau bahan baku tidak terbarukan lainnya.

“Yang melatar belakangi kami untuk merancang pabrik kimia ini karena kami melihat dari segi proses pembuatan etilen secara konvensional memiliki emisi karbon yang lebih tinggi dibandingkan pabrik yang kami akan rancang. Selain itu, kami juga melihat kebutuhan etilen di Indonesia yang masih sangat besar sehingga kami memutuskan untuk merancang pabrik ini,” terang Farhan seperti dikutip dari ft.uns.ac.id, Rabu (18/10/2023).

Saat diumumkan meraih juara 3 dalam kompetisi ini, Farhan mengaku sangat senang. “Saya sendiri merasa senang saat kami diumumkan sebagai juara 3. Meskipun belum berhasil meraih juara 1, tapi kami berharap bisa memperbaiki kesalahan yang belum sempurna dan semoga lebih banyak lagi perwakilan UNS yang memenangkan kejuaraan di lomba ini,” pungkasnya.* das-kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya