Jumat, 3 Mei 2024
Unik Menarik
Berbahan Biji Alpukat dan Daun Kelor

AVOBAR, Snack Bar Inovasi Mahasiswa UNS untuk Mengurangi Dysmenorrhea

Kamis, 19 Oktober 2023
aavobar.jpg
Humas UNS

KISUTA.com - Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kewirausahaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menciptakan produk snack bar dari olahan biji alpukat dan daun kelor. Makanan ini diberi nama AVOBAR, singkatan dari Avocado Snack Bar yang merepresentasikan komposisi utama produk.

Tim yang terdiri dari mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Ilmu Teknologi Pangan (ITP) Fakultas Pertanian (FP) yakni Yustitia Hasna’, Ajeng Kristina, Nafisah, dan Zafira Rahmasari, serta mahasiswa dari Prodi Manajemen Bisnis Sekolah Vokasi (SV), yaitu Chodijah Najwa. Mereka dibimbing oleh Rohula Utami, S.TP., M.P., Dosen FP UNS.

“Ide untuk menciptakan produk ini muncul karena banyak wanita mengalami dysmenorrhea, yaitu nyeri saat menstruasi. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi dysmenorrhea adalah asupan gizi. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk mengembangkan produk makanan sehat yang tidak hanya memenuhi kebutuhan gizi tetapi juga dapat membantu mengurangi gejala dysmenorrhea,” jelas Yustitia, Kamis (19/10/2023).

Kepada uns.ac.id, Yustitia menjelaskan bahwa biji alpukat mengandung komponen gizi yang baik. Biji alpukat mengandung 10,40% protein kasar, 5,81% lemak kasar, 6,11% serat kasar, 0,70% kalsium, 0,21% fosfor, dan memiliki energi metabolis sebanyak 3570 kkal/kg. Kandungan protein dalam biji alpukat melebihi biji jagung dan menjadikannya alternatif sebagai sumber protein nabati. Selain itu, biji alpukat juga mengandung lignoselulosa yang tinggi. Serat dari biji alpukat ini yang kemudian dapat diolah menjadi produk makanan seperti snackbar.

Untuk meningkatkan kandungan zat besi, AVOBAR juga mengandung komposisi daun kelor. Setiap 100 gram daun kelor mengandung sekitar 25,29 mg zat besi. Jumlah dapat memenuhi kebutuhan harian zat besi perempuan sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2019, yaitu 15 mg per hari.

AVOBAR telah tersedia di pasaran sejak bulan Agustus 2023 dan dapat dipesan secara daring melalui Instagram dan Whatsapp dengan harga 20 ribu rupiah per kemasan. Setiap kemasan AVOBAR berisi 5 buah dengan total berat 60 gram. Informasi lebih lanjut tentang produk ini dapat ditemukan di akun Instagram resmi @pkmkuns_avobar.

“Dengan produk ini, diharapkan perempuan yang mengalami dysmenorrhea saat menstruasi dapat dengan mudah menikmati makanan sehat yang memanfaatkan bahan-bahan yang sebelumnya dianggap sebagai limbah. Konsep healthy food dari AVOBAR juga mendorong perempuan untuk mengadopsi pola hidup sehat demi menjaga kesehatan reproduksi mereka,” ungkap Yustitia.* das-kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya