Jumat, 3 Mei 2024
Sosok Inspirasi

FSRD UNS Gelar General Lecture Bertajuk Logo dan Layout

Senin, 23 Oktober 2023
adk.jpg
Humas UNS

KISUTA.com – Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar General Lecture yang mengusung topik “Logo dan Layout” pada Senin (23/10/2023). General Lecture yang digelar di Aula Gedung H.B. Sutopo ini menghadirkan seorang pembicara yang merupakan Founder of SuriantoRustan.com, DsgnCooking Seminar & Workshop, and DISEN Learning Community, Surianto Rustan, S.Ds., M.Ds.

General Lecture dibuka dengan sambutan dari Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Kemahasiswaan FSRD UNS, Dr. Deny Tri Ardianto, S.Sn., Dipl. Art. Dalam sambutannya Dr. Deny menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepada narasumber yaitu Surianto Rustan yang sudah berkenan hadir di FSRD. “Selamat datang Bapak Rustan di Fakultas Seni Rupa dan Desain UNS. Suatu kehormatan bagi kami atas kehadiran seseorang yang sangat legend di bidang desain ini,” ungkap Dr. Deny.

Dr. Deny juga menyampaikan pesan kepada mahasiswa yang hadir agar memanfaatkan waktu dengan sebaiknya untuk sharing dengan narasumber. “Alhamdulillah kita bisa sharing langsung dengan beliau hari ini. Manfaatkan kesempatan ini untuk mengobrol banyak dengan beliau karena ilmunya banyak sekali,” tambah Dr. Deny.

Dalam pemaparannya Rustan menjelaskan mengenai logo dan layout yang beraneka ragam bentuknya. Beliau juga menjelaskan bahwa dalam desain logo perlu adanya eksplorasi “Dalam membuat sebuah logo perlu adanya eksplorasi. Eksplorasi yang dimaksudkan untuk mencari solusi yang paling terbaik dari berbagai alternatif. Logo itu kebanyakan gabungan dari simbol dan picture. Misalnya logo apple dan logo shopee. Kriteria utama logo adalah unik, berbeda dengan yang lain. Kemudian logo bukan untuk komunikasi tetapi untuk identifikasi,” ujar Rustan.

Peserta terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan kuliah umum ini. Hal ini terlihat dari banyaknya mahasiswa yang hadir di Aula Gedung H.B. Sutopo.* das-kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya