Jumat, 3 Mei 2024
Sosok Inspirasi

UPT PSDM UNS Gelar Pelatihan Kehumasan Bahas Media Sosial

Selasa, 24 Oktober 2023
ahum1.jpg
Humas UNS

KISUTA.com - UPT Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Kehumasan dengan mengambil tema ‘Optimalisasi Penggunaan Media Sosial sebagai Sumber Informasi yang Dinanti dan Terpercaya’. Dengan menghadirkan narasumber Arnain Agustin, S.Sos, M.I.Kom. sebagai Pranata Humas dari Monumen Press dan Sabrina Kusuma Dewi sebagai Media Sosial Spesialis dari Turn.it., Pelatihan Kehumasan ini di laksanakan di Ruang Madukoro UNS Inn, Selasa (24/10/2023).

Dalam Pelatihan Kehumasan tersebut, hadir Kepala Biro Umum dan Sumber Daya Manusia, Retno Purwaningsih, S.IP., Kepala UPT PSDM UNS, Prof. Dr. Siswandari, M.Stats., serta peserta pelatihan yang terdiri dari para Pranata Humas dan Pelaksana Humas yang ada di unit maupun fakultas di lingkungan UNS.

Dalam sambutannya, Kepala UPT PSDM UNS, Prof. Dr. Siswandari, M.Stats. menyampaikan bahwa peran media sosial saat ini sangat penting. Setiap manusia dalam kesehariannya tidak akan pernah lepas dari media sosial saat bangun hingga tidur lagi.

“Saat ini setiap orang sudah tidak lepas dari ponsel. Dari bangun hingga tidur lagi selalu terhubung secara digital. Agar informasi yang didapatkan adalah informasi yang akurat maka setiap orang harus bijak menggunakannya,” terang Prof. Siswandari.

Sedangkan Kepala Biro Umum dan Sumber Daya Manusia, Retno Purwaningsih, S.IP. menambahkan bahwa beragam dan cepatnya informasi yang diterima setiap orang tak jarang ditemukan salah satunya terkait berita hoax yang berisi berita bohong, berita menghujat dan berita yang menyerang. “Tentunya hal ini harus diantisipasi. Humas harus mampu mencari, mengolah dan memfilter informasi supaya informasi yang dihasilkan menjadi informasi yang akurat dan terpercaya. Melalui pelatihan ini diharapkan media sosial dapat dijadikan alat kehumasan sehingga informasi dapat tersampaikan,” ujar Retno.

Dalam Pelatihan Kehumasan ini, kedua narasumber memberikan materi berupa dasar-dasar pemanfaatan media sosial agar dapat membantu individu atau institusi dalam membangun, memahami, mengelola, dan memanfaatkan media sosial dengan baik.* das-kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya