Selasa, 30 April 2024
Sastra & Humor

Klub Rotary Bandung Rayakan Hari Polio Sedunia dengan Berkunjung ke Bio Farma

Rabu, 25 Oktober 2023

KISUTA.com - Setelah 8 tahun Indonesia memperoleh sertifikat Bebas Polio dari WHO, ternyata di bulan November 2022 wabah polio kembali merebak di Kab. Pidie, Aceh. Pemerintah akhirnya menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio di 3 provinsi di Indonesia yaitu di Aceh, Sumatera Utara dan Jawa Barat.

Penyebab merebaknya kasus Polio ini karena cakupan imunisasi yang rendah dan kondisi lingkungan yang tidak sehat. Sejak Pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang enggan atau takut membawa anaknya untuk diimunisasi termasuk vaksin Polio, sehingga cakupan imunisasi polio jadi menurun.

Pada hari Selasa tanggal 24 Oktober 2023, klub-klub Rotary se-Bandung bersama kader posyandu binaan melakukan kegiatan kunjungan ke PT. BIOFARMA (PERSERO), di mana Bio Farma adalah produsen vaksin polio terbesar yang telah mengekspor produknya ke lebih dari 150 negara dan memenuhi 70% kebutuhan vaksin polio di dunia.

Acara yang bertajuk “WORLD POLIO DAY Together, We END POLIO” selain dilaksanakan bertepatan dengan “Hari Polio Sedunia” sekaligus memberikan awareness tentang pentingnya layanan posyandu terhadap kemungkinan virus polio yang bisa muncul kapan saja, selain sebagai fasilitas pelayanan bagi ibu dan anak.

Pada tahun 1985, Rotary meluncurkan PolioPlus lalu pada tahun 1988 berkontribusi dalam pendirian Global Polio Eradication Initiative, bersama dengan World Health Organization (WHO), U.S Centers for Disease Control and Prevention, UNICEF, Bill & Melinda Gates Foundation, dan Gavi the Vaccine Alliance untuk mengimunisasi anak-anak.

Organisasi sosial Rotary merupakan jaringan global yang terdiri atas teman, keluarga, komunitas, dan para pemimpin yang bersatu dan mengambil tindakan untuk menciptakan perubahan yang abadi untuk kebaikan bersama dalam komunitas di seluruh dunia.

Dengan motto pelayanan service above self, menjadi inspirasi para anggota untuk memberikan pelayanan kemanusiaan, mengikuti standar etika yang tinggi, dan mempromosikan niat baik dan kedamaian di seluruh dunia.

Di Bandung, terdapat 7 (tujuh) klub Rotary yang masing masing memiliki program kerja sosial di bidang edukasi dan literasi, perdamaian, kesehatan ibu & anak, sanitasi dan air bersih, memberantas wabah penyakit, pengembangan UKM, dan lingkungan.* das-kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya