Kamis, 2 Mei 2024
Sosok Inspirasi

Selamat, Tiga Prodi FMIPA UNS Terakreditasi Internasional ASIIN

Jumat, 27 Oktober 2023
asin.jpg
Humas UNS

KISUTA.com – Tiga Program Studi (Prodi) di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil memperoleh akreditasi internasional Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik (ASIIN). Ketiga Prodi yang mendapatkan akreditasi internasional adalah Prodi Fisika, Prodi Kimia dan Prodi Biologi.

Dekan FMIPA, Drs. Harjana, M.Si., M.Sc., Ph.D. mengatakan, ASIIN merupakan lembaga akreditasi internasional berasal dari Jerman untuk disiplin ilmu rekayasa, matematika dan sains, pertanian, biologi. Akreditasi Perguruan Tinggi dalam hal ini Prodi menjadi gambaran kualitas pendidikan yang diselenggarakan oleh Prodi yang bersangkutan. Akreditasi internasional dilakukan lembaga akreditasi dari negara lain atas permintaan perguruan tinggi atau Prodi untuk melakukan kaji ulang dan evaluasi terhadap kriteria atau standar mutu Prodi. Akreditasi internasional ini menekankan pada standardisasi kemampuan lulusan melalui evaluasi ketercapaian outcomes Prodi. Outcomes ditetapkan oleh lembaga akreditasi yang umumnya didukung berbagai asosiasi profesi, asosiasi teknik/saintifik, asosiasi industri, dan lainnya.

“Surat akreditasi dikeluarkan langsung dari lembaga akreditasi internasional ASIIN pada tanggal 10 Oktober 2023. Untuk Prodi Fisika, masa berlaku akreditasi mulai tanggal 18 Maret 2022 hingga 30 September 2027. Sementara untuk Prodi Kimia dan Prodi Biologi masa berlaku akreditasi mulai tanggal 23 September 2022 sampai dengan 30 September 2028. Dengan terakreditasi ASIIN maka proses pembelajaran di Prodi Fisika, Kimia, dan Biologi dinyatakan sudah terstandar internasional,” terang Harjana, Jumat (27/10/2023).

Kepala Program Studi Fisika FMIPA UNS, Prof. Agus Supriyanto mengucapkan syukur dan terima kasih karena telah tercapainya full accreditation ASIIN. “Terima kasih untuk tim taskforce, tim teaching, seluruh dosen dan tenaga kependidikan, alumni, mahasiswa serta unit/lembaga. Terima kasih juga kami sampaikan kepada pimpinan baik di fakultas maupun universitas yang telah support atas pemenuhan akreditasi ASIIN pada Prodi Fisika,” terang Prof. Agus.

Terpisah, Kepala Prodi Kimia FMIPA UNS, Dr. Abu Masykur, S.Si., M.Si. juga merasa bersyukur atas diraihnya akreditasi penuh ASIIN Prodi S1 Kimia FMIPA UNS. Dan ucapan terima kasih juga beliau sampaikan kepada semua pihak yang telah mendukung terakreditasi ASIIN. “Kami mengucapkan terima kasih kepada tim akreditasi ASIIN Prodi Kimia, dosen, alumni, pengguna alumni dan mahasiswa atas kerja kerasnya. Tidak lupa kami sampaikan terima kasih kepada Dekan FMIPA beserta jajarannya dan Rektor UNS atas dukungannya. Semoga dengan diraihnya akreditasi ASIIN menjadikan Prodi Kimia semakin baik menuju reputasi Internasional,” ujar Dr. Abu.

Senada dengan Kaprodi Fisika dan Kaprodi Kimia, Kaprodi Biologi FMIPA UNS, Dr. Shanti Listyawati, S.Si., M.Si. juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan aktif sehingga Prodi Biologi terakreditasi internasional ASIIN. “Pencapaian akreditasi internasional ASIIN untuk Prodi S1 Biologi ini merupakan perjuangan kerja sama seluruh sivitas akademika. Jadi selain menjadi kebanggaan tentunya juga merupakan tantangan untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran di Biologi,” ujar Dr. Shanti.

Dekan FMIPA, Drs. Harjana, M.Si., M.Sc., Ph.D. menambahkan, pihaknya mengapresiasi dengan diraihnya akreditasi internasional ASIIN oleh ketiga Prodi yang ada di FMIPA. “Kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan bekerja keras hingga tercapainya akreditasi internasional ASIIN. Dengan pengakuan internasional ini diharapkan lulusan ketiga Prodi tersebut dapat diterima di pasar kerja secara global dan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat internasional,”ujar Harjana.* das-kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya