Kamis, 2 Mei 2024
Sosok Inspirasi
Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda

UNS Wisuda 1.449 Lulusan, 72,7% Raih Predikat Cumlaude

Senin, 30 Oktober 2023
aawisu1.jpg
Humas UNS

KISUTA.com - Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum., menilai Wisuda UNS Periode VIII Tahun 2023 terasa spesial karena bertepatan dengan Peringatan 95 tahun Hari Sumpah Pemuda. Di hadapan Wisudawan UNS, Prof. Jamal menyampaikan bahwa peringatan ini relevan dengan semangat dan kerja keras 1.449 wisudawan yang sebentar lagi akan berkiprah bersama dan bergandengan tangan memajukan bangsa Indonesia. Hal ini disampaikan dalam Wisuda Periode VIII Tahun 2023 UNS, Sabtu (28/10/2023).

"Saya percaya, meskipun keadaan masa depan masih saja sulit diprediksi, para lulusan UNS akan berhasil menaklukkan setiap rintangan dan ujian dengan bekal percaya diri, tekad yang kuat, dan potensi yang dimiliki," ujar Prof. Jamal

Rektor UNS tersebut juga berpesan, para wisudawan akan merasakan sensasi perjalanan hidup yang sesungguhnya. Babak baru telah menunggu mereka dan akan menjadi ajang pembuktian kekuatan ilmu dan keterampilan yang telah dimiliki. Keterampilan dan ilmu yang dimiliki harus digunakan untuk melayani dan membantu kebutuhan masyarakat, bangsa, dan negara. Setelah ini, status wisudawan akan berubah menjadi Alumni UNS. Sudah selayaknya jika almamater UNS menaruh harapan agar kiprah mereka dimanapun berada tetap memberi manfaat bagi UNS dan masyarakat luas.

Lebih lanjut, Prof. Jamal menjelaskan bahwa perkembangan dunia kerja dan dunia industri semakin meningkat setiap tahun. Pendidikan harus berorientasi pada kebutuhan kompetensi dunia kerja. Pendidikan yang diambil wisudawan berfungsi untuk mengembangkan keterampilan dan pola pikir untuk mempersiapkan lulusan yang siap bekerja.

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan upaya memastikan agar perguruan tinggi selalu relevan dengan kebutuhan dan perubahan zaman. Kampus sebagai jembatan dari dunia pendidikan ke dunia kerja berupaya memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk memasuki dunia profesi.

"Inilah pentingnya Saudara dibekali dengan kompetensi ilmu dan keahlian. Karena saya yakin, dengan kompetensi keilmuan yang terus menerus diasah dan keahlian yang senantiasa dilatih, akan menjadikan Saudara memiliki kemampuan bersaing di dunia kerja," sambungnya.

72,7% raih predikat cumlaude
Dari 1.449 wisudawan periode VIII tahun 2023, sebanyak 1.054 lulusan meraih predikat cumlaude atau dengan pujian. Kelulusan ini terdiri dari Program Doktor, Magister, Pendidikan Dokter Spesialis, Sarjana, dan Diploma. Wisuda luring yang digelar pada Sabtu (28/10/2023) bertempat di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS.

Wisudawan tersebut terdiri atas 21 wisudawan Program Doktor, 101 wisudawan Program Magister, 10 wisudawan Program Pendidikan Dokter Spesialis, 35 wisudawan Program Profesi Insinyur, 773 wisudawan Program Sarjana, 43 wisudawan Program Diploma IV, dan 466 wisudawan Program Diploma III.

Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S., selaku Plt. Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS dalam sambutannya melaporkan bahwa terdapat lulusan-lulusan dengan capaian luar biasa. Lulusan tercepat program doktor diraih oleh Doktor Panji Achmad dari Program Studi (Prodi) S-3 Ilmu Hukum dengan lama studi 2 tahun 6 bulan. Ia lulus dengan IPK 3,91. Lulusan termuda program doktor diraih Gregorius Yoga Panji Asmara dari Prodi S-3 Ilmu Hukum dengan usia sampai saat lulus adalah 28 tahun 11 bulan.

Lulusan tercepat program magister diraih oleh Atika Afniratri, M.K.M., dari Prodi S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat dengan masa studi 1 tahun 5 bulan. Ia lulus dengan meraih IPK 3,94. Lulusan termuda program magister diraih oleh Diah Ayu Safitri, M.Pd., dari Prodi S-2 Pendidikan Matematika dengan usia sampai saat lulus adalah 23 tahun 9 bulan.

Adapun lulusan tercepat program sarjana diraih oleh Hanifah Rahma Harumi, S.Ked., dari Prodi Kedokteran dengan masa studi 3 tahun 5 bulan. Ia lulus dengan meraih IPK 3,44. Lulusan termuda program sarjana diraih oleh Lutfi Dwi Puspitasari, S.Pd., dari Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran dengan usia saat lulus adalah 20 tahun 9 bulan.

Sementara pada jenjang Diploma IV, lulusan tercepat dan termuda diraih oleh Isnaini Almar’atus Solikhah Ramadanti, dari Prodi D-4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Ia lulus dengan masa studi 3 tahun 11 bulan. Ia lulus dengan meraih IPK 3,85. Lulusan termuda diperoleh Sanaz Alya Az-Zara, S.Tr.Sos., dari Prodi D-4 Demografi dan Pencatatan Sipil dengan usia pada saat lulus 21 tahun 5 bulan.

Pada jenjang Diploma III, lulusan tercepat diperoleh Desy Setianingsih, A.Md., dari Prodi D-3 Farmasi dengan lama studi 2 tahun 8 bulan. Ia lulus dengan meraih IPK 3,71. Lalu, lulusan termuda Program Diploma III diraih oleh Anasti Cahya Adisti, A.Md., dari Prodi D-3 Keuangan dan perbankan. Ia lulus pada usia 20 tahun.

Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum., dalam sambutannya berterima kasih karena segenap wisudawan telah mempersembahkan prestasi yang membanggakan. Pada wisuda periode ini, jumlah wisudawan berpredikat cumlaude atau dengan pujian mencapai 72,7%.

“Tingginya jumlah wisudawan cumlaude menandakan bahwa kualitas akademik di UNS menunjukkan tren yang semakin baik,” tutur Prof. Jamal.* das-kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya