Kamis, 2 Mei 2024
Sosok Inspirasi

FK UNS Melepas 10 Dokter Spesialis Baru Periode Oktober 2023

Selasa, 31 Oktober 2023
adok.jpg
Humas UNS

KISUTA.com - Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melalui Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) kembali melepas dokter spesialis baru yang baru saja lulus pendidikan di FK UNS, pada Jumat (27/10/2023). Acara ini dihadiri oleh Plt. Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof. Dr. Ir. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T; Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K); Plt. Wakil Dekan Akademik, Riset dan Kemahasiswaan FK UNS, Paramasari Dirgahayu, dr., Ph.D; Direktur Rumah Sakit Dr. Moewardi, Cahyono Hadi, dr., Sp.OG., S.H; serta segenap Kepala Program Studi PPDS FK UNS.

Berdasarkan laporan akademik yang dibacakan oleh Plt. Wakil Dekan Akademik, Riset dan Kemahasiswaan FK UNS, Paramasari Dirgahayu, dr., Ph.D, pada pelepasan dokter spesialis periode Oktober tahun 2023 ini, FK UNS melepas sejumlah 10 peserta didik PPDS dari 5 Program Studi yang terdiri dari 3 orang dari Program Studi Anestesi dan Terapi Intensif, 1 orang dari Program Studi Dermatologi dan Venereologi, 2 orang dari Program Studi Ilmu Kesehatan THT-KL, 2 orang dari Program Studi Patologi Klinik, 2 orang dari Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.

Dalam pelepasan kali ini terdapat peserta dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi yang diraih oleh Adam Hartono, dr., Sp.P.D dengan IPK 3,95 berasal dari Program Studi PPDS Ilmu Penyakit Dalam. Sedangkan lulusan termuda dalam Pelepasan PPDS kali ini adalah Nefrizal Wicaksono,dr., Sp.An-Ti berasal dari Program Studi PPDS Anestesi dan Terapi Intensif dengan usia pada saat lulus 30 Tahun 1 bulan.

Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof. Dr. Ir. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T. dalam sambutannya berpesan agar para dokter spesialis baru ini dalam melaksanakan pengabdiannya selalu tulus dan tanpa pamrih.

“Pesan kami nanti anda dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat adalah lakukan dengan penuh pengabdian, ketulusan, keikhlasan dan dedikasi yang tinggi. Ketika anda menemukan pasien yang benar-benar tidak mampu maka bantulah mereka semampu kita, semaksimal mungkin. Itulah persembahan emas terbaik untuk UNS dari seorang alumni,” pesan Prof. Kuncoro.

Direktur RS Dr. Moewardi, Cahyono Hadi, dr., Sp.OG., S.H. berpesan agar para dokter spesialis baru ini tidak terjebak dengan praktek-praktek industrialisasi kesehatan.

“Dokter tak akan terlepas dari obat dan industri obat ini akan mencari kita. Tolong jaga etika bahwa anda harus menjadi dokter spesialis yang baik, dokter spesialis yang mengikuti tata cara, aturan-aturan yang benar. Jangan hanya nurut dengan apa kata vendor dan melupakan evidence-based yang sudah anda pelajari,” ucap dr. Cahyono Hadi.

Beliau menambahkan jika para dokter spesialis baru ini akan dihadapkan dengan banyak tantangan ke depan. “Bahwa ke depan anda semua akan dihadapkan dengan banyak tantangan karena akan ada regulasi-regulasi yang dihilangkan atau ditambah. Ke depan juga kita akan menghadapi persaingan dengan dokter-dokter asing yang masuk ke Indonesia. Namun anda sebagai alumni FK UNS, RS Dr. Moewardi, saya yakin anda tangguh asal anda memegang etika, anda memegang apa yang telah diajarkan, saya berpikir bahwa anda akan mampu melewati ini,” ucapnya.

Dekan FK UNS, Prof. Reviono dalam sambutannya menyampaikan bahwa para dokter spesialis harus selalu memegang teguh prinsip-prinsip dasar dalam menjalankan profesi dokter.

“Sebagai seorang dokter, anda harus bisa memegang teguh nilai profesionalisme, integritas dan jejaring. Jika anda semua bisa menjalankan prinsip-prinsip itu dengan baik maka kesuksesan lebih mudah anda raih,” pesan Prof. Reviono

Beliau juga berpesan agar para dokter spesialis baru ini bisa menjaga nama baik UNS serta terus menjaga silaturahim baik dengan sejawat maupun dengan almamater.

dr. Adam Hartono, Sp.P.D., mewakili para lulusan, dalam sambutannya merasa bangga bisa menjadi peserta didik di FK UNS dan mengucapkan terima kasih atas segala bimbingan dan pengajaran yang diberikan kampus selama proses menimba ilmu.

“Pencapaian kami pada hari ini membuktikan jika kegigihan dan kerja keras kami selama ini bisa menorehkan hasil yang baik. Pada kesempatan ini kami ingin menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada guru-guru kami atas bimbingan dan ilmu yang telah diberikan selama ini,” ucapnya.

Dengan pelepasan dokter spesialis periode Oktober tahun 2023 ini maka FK UNS sejak berdirinya tahun 1976, telah meluluskan 1.758 orang dokter spesialis, yang sudah tersebar di seluruh tanah air dan telah mengabdikan ilmunya pada berbagai instansi baik dibidang pelayanan kesehatan, pendidikan, penelitian, serta sebagai dokter spesialis pemerintah, swasta, TNI/POLRI maupun lainnya.* das-kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya