Kamis, 2 Mei 2024
Sosok Inspirasi

Mahasiswa Kedokteran UNS Gelar Baksos di Desa Trosemi, Sukoharjo

Selasa, 31 Oktober 2023
abak1.jpg
Humas UNS

KISUTA.com - Program Studi (Prodi) Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) pada Jumat (27/10/2023) hingga Minggu (29/10/2023). Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 200 mahasiswa Pendidikan Dokter FK UNS Angkatan 2023. Bertempat di Desa Trosemi, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo, Bakti Sosial ini diisi dengan berbagai kegiatan seperti Penyuluhan Kesehatan, Klinik Pengecekan Kesehatan, Bazar dan Pembagian Sembako.

Pada hari pertama, kegiatan Baksos ini dibuka di Balai Desa Trosemi dan dihadiri oleh perwakilan dosen dari Prodi Pendidikan Dokter FK UNS dan perangkat desa Kecamatan Gatak.

Pada hari kedua diadakan kegiatan Penyuluhan Kesehatan di SDN Trosemi I dan II serta TK Trosemi I dan II. Terlihat anak-anak TK dan SD yang mengikuti kegiatan ini sangat gembira saat diberikan penyuluhan kesehatan oleh mahasiswa FK UNS. Anak-anak tersebut diberikan pengetahuan tentang cara menggosok gigi yang benar, cara mencuci tangan yang benar, informasi tentang makanan bergizi serta dampak buruk gawai terhadap mata.

Kepala SDN Trosemi I, Khusnul Khotimah menyampaikan rasa terima kasih atas kegiatan yang sangat bermanfaat bagi siswa. “Pastinya kami sangat berterima kasih atas diadakannya kegiatan ini, sangat bermanfaat dan anak-anak juga sangat gembira karena mereka mendapatkan pengalaman baru. Banyak informasi tentang kesehatan yang diberikan yang mungkin belum pernah anak-anak dapatkan sebelumnya,” ucapnya.

Saat kegiatan Klinik Pengecekan Kesehatan berlangsung, terlihat puluhan warga sekitar mendatangi Balai Desa Trosemi untuk mengecek kesehatan mereka. Disini warga diperiksa tekanan darah, berat badan dan pengecekan kesehatan lainnya.

Kepala Program Studi S1 Pendidikan Dokter FK UNS, Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr., M.Pd. mengatakan sesuai dengan visi misi dan tujuan FK UNS yaitu mencetak dokter yang unggul di bidang komunitas, maka kegiatan mendekatkan mahasiswa kepada masyarakat adalah salah satu bentuk pendidikan yang diberikan. Ini dilakukan supaya mahasiswa mengenal lebih baik permasalahan kesehatan yang ada di tengah masyarakat. Maka kegiatan ini rutin dilakukan oleh FK UNS sebagai wujud bakti UNS pada masyarakat.

“Kegiatan Baksos ini merupakan salah satu bentuk perwujudan dari visi misi dan keunggulan FK UNS di bidang komunitas,” terang Dr. Eti.

Lebih lanjut disampaikan jika kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa saat kelak sudah menjadi seorang dokter yang harus terjun langsung ditengah masyarakat.

“Tujuan kegiatan ini adalah memberikan kesempatan pada mahasiswa baru untuk bisa merasakan interaksi secara langsung dengan masyarakat dan mendapat gambaran bagaimana dokter bekerja melayani masyarakat. Sehingga nantinya dapat mengimplementasikan ilmu yang didapatkannya dari bangku kuliah untuk membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan kesehatan,” imbuhnya.* das-kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya