Minggu, 28 April 2024
Sosok Inspirasi

UNS Dapat Penghargaan 4-Star QS Rating dari QS Quacquarelli Symonds

Rabu, 8 November 2023
aga.jpg
Dok.Humas UNS

KISUTA.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menerima penghargaan dengan memperoleh predikat 4-Star QS Rating dari QS Quacquarelli Symonds. Sertifikat diberikan langsung oleh Mr. Ben Sowter, Senior Vice President QS Quacquarelli Symonds kepada Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S. H., M. Hum. dalam acara QS Higher Ed Summit: Asia Pacific 2023 yang diselenggarakan di Kuala Lumpur pada Selasa (7/11/2023) hingga Kamis (9/11/2023).

Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S. H., M. Hum. mengatakan, QS Quacquarelli Symonds adalah lembaga pemeringkatan perguruan tinggi yang berbasis di Inggris. Sedangkan untuk QS STAR merupakan layanan dari QS Quacquarelli Symonds dalam hal penilaian terhadap institusi pendidikan tinggi dengan kriteria yang lebih banyak dibandingkan dengan yang digunakan dalam pemeringkatan QS World University Rankings. QS STAR memungkinkan suatu perguruan tinggi yang dinilai untuk mengidentifikasi area-area yang menjadi kekuatan dan bidang-bidang yang masih menjadi kelemahan. Di dalam metodologi QS STAR terdapat 4 kategori yang dinilai yaitu core criteria, specialist criteria, learning environment dan advanced criteria. Adapun untuk core criteria dilihat dari 5 aspek yaitu teaching, employability, internationalization, research dan academic development.

Sedangkan learning environment, perguruan tinggi dapat memilih satu dari dua aspek yaitu fasilitas atau online learning. Untuk specialist criteria, perguruan tinggi dapat memilih indikator antara subject ranking atau program strength. Sedangkan untuk advanced criteria diukur dengan dua dari empat indikator yaitu innovation, social responsibility, inclusiveness dan art & culture.

Pencapaian UNS ini mengalami peningkatan dari sebelumnya 3-Star di tahun 2018. Pada penilaian kali ini, UNS secara overall memperoleh 4-star, skor 5-star diperoleh pada indikator employability yang diukur dengan reputasi di mata pengguna lulusan, tingkat keterserapan lulusan di dunia kerja, dan aktivitas career support yang dilakukan perguruan tinggi. Hasil ini mengindikasikan bahwa lulusan UNS memiliki tingkat keterserapan yang tinggi serta memiliki reputasi yang sangat baik dari pengguna lulusan.

“Pencapaian ini merupakan kontribusi dan hasil kerja keras dan kerja cerdas dari seluruh sivitas akademika UNS. Proses penilaian QS-STAR ini cukup panjang dengan proses penilaian serta audit dan analisis yang teliti,” terang Prof. Jamal, Rabu (8/11/2023).

Di salah satu sesi dalam QS Higher Ed Summit: Asia Pacific 2023 tersebut, Plt. Wakil Rektor Perencanaan, Kerja Sama, Bisnis, dan Informasi UNS, Prof. Irwan Trinugroho, Ph. D. menjadi salah satu pembicara untuk menyampaikan good practices terkait dengan peningkatan reputasi internasional perguruan tinggi.* das-kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya