Minggu, 28 April 2024
Sosok Inspirasi

Mahasiswa UNS Raih 9 Emas di Ajang Pomnas XVIII Tahun 2023

Kamis, 23 November 2023
pomnas_2.jpg
Humas UNS

KISUTA.com - Mahasiswa dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang terpilih untuk mewakili Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XVIII tahun 2023 berhasil meraih 9 medali emas, 7 medali perak dan 6 medali perunggu. Pomnas XVIII tahun 2023 ini berlangsung di Kalimantan Selatan pada 11-22 November kemarin.

Ketua Tim Official Atlet UNS yang bertanding di ajang Pomnas XVIII, Dr. Rony Syaifullah, S.Pd., M.Pd. mengatakan, sebanyak 27 mahasiswa UNS terpilih dalam kontingen Jateng untuk mengikuti Pomnas XVIII. Ke-27 atlet tersebut bertanding pada cabor Atletik, Bulutangkis, Gulat, Karate, Kempo, Pencak Silat, Renang, Sepak Takraw, dan Taekwondo.

“Alhamdulillah mahasiswa UNS yang terpilih untuk mewakili Provinsi Jawa Tengah di ajang Pomnas berhasil mengharumkan nama UNS. Yaitu pulang bisa membawa 9 emas, 7 perak dan 6 perunggu. Ini adalah prestasi yang patut dibanggakan,” terang Dr. Rony, Kamis (23/11/2023).

Untuk rinciannya, 2 medali emas diperoleh dari cabor Taekwondo, 3 medali emas dari Sepak Takraw, 1 medali emas dari Pencak Silat, 1 medali emas dari Atletik, 1 medali emas dari Bulutangkis, dan 1 medali emas dari Karate. “Lalu untuk perak, 2 dari Pencak Silat, 3 dari Sepak Takraw, 1 dari Bulutangkis dan 1 dari Atletik. Sedangkan untuk perunggu, 3 dari Pencak Silat, 1 dari Karate, 1 dari Taekwondo dan 1 dari Renang,” imbuh Dr. Rony.

Dengan perolehan medali tersebut, membuktikan bahwa prestasi mahasiswa UNS yang diukir dalam Pomnas mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. “Pomnas sebelumnya kita dari UNS hanya memperoleh 5 emas. Tahun ini perwakilan UNS mendapat 9 emas. Tentunya ini tidak lepas dari dukungan dari semua pihak, dan tentunya kerja keras para mahasiswa ini berbuah manis. Saya akui, anak-anak ini latihannya sangat disiplin, dan semangatnya luar biasa,” tambah Dr. Rony yang juga sebagai Plt. Wakil Dekan Akademik, Riset dan Kemahasiswaan Fakultas Keolahragaan (FKOR) UNS.

Dr. Rony mengucapkan terima kasih kepada Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) Provinsi Jateng yang telah memberikan kepercayaan kepada mahasiswa UNS untuk mengikuti ajang bergensi ini. “Terima kasih sebesar-besarnya kepada Rektor UNS beserta Wakil Rektor yang telah mensupport keberangkatan mahasiswa UNS ke ajang Pomnas XVIII. Semoga Pomnas mendatang, prestasi mahasiswa UNS semakin meningkat. Rencananya Pomnas mendatang digelar di Papua,” ujar Dr. Rony.* das-kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya