Minggu, 28 April 2024
Sosok Inspirasi

Sekolah Vokasi UNS Borong Gelar Juara dalam KBGI 2023

Jumat, 24 November 2023
kbg.jpg
Humas UNS

KISUTA.com - Delegasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memborong gelar juara dalam ajang Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) 2023. Tim dari Program Studi (Prodi) D-3 Teknik Sipil Sekolah Vokasi (SV) UNS meraih 4 penghargaan dalam KBGI 2023. Tahap final berlangsung secara luring di Universitas Pembangunan Jaya, Tangerang sebagai tuan rumah penyelenggara KBGI XIV 2023.

Dalam ajang ini, UNS berhasil meraih juara 1 Model Bangunan Gedung dari Beton Pracetak, Pemenang Kategori Kesesuaian Implementasi Terhadap Desain Terbaik, Pemenang Kreativitas Dalam Rancang-Bangun Terbaik, dan Pemenang Metode Pelaksanaan Konstruksi Terbaik. Capaian tersebut diumumkan pada malam penutupan dan penganugerahan KBGI 2023, Selasa (21/11/2023).

KBGI merupakan kompetisi yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI.

KBGI merupakan kompetisi paling prestise di bidang Teknik Sipil. Terdapat dua klasifikasi dalam KBGI, yakni kompetisi model bangunan gedung 10 lantai dari material baja dan kompetisi model bangunan gedung 10 lantai dari material beton bertulang pracetak. Tahun ini babak penyisihan kegiatan KBGI diikuti oleh 417 proposal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Karya peserta dinilai oleh 10 dewan juri dari berbagai universitas besar di Indonesia dan praktisi bangunan gedung yang berpengalaman di Indonesia. Hasil seleksi telah menyaring tim-tim tersebut menjadi 16 tim yang masuk pada tahap final.

SV UNS berhasil meloloskan Tim Jaya Kusuma dan Tim Adika Abhipraya. Tim Jaya Kusuma merupakan tim yang berkompetisi pada klasifikasi model bangunan gedung 10 lantai dari material baja. Tim ini beranggotakan Arifaty Aulia Azza dan Ilham Adi Rhahmawan. Mereka mendapat bimbingan dari Dosen UNS, Ir. Widi Hartono, S.T., M.T., IPM. Sedangkan Tim Adika Abhipraya berkompetisi pada klasifikasi model bangunan gedung 10 lantai dari material beton bertulang pracetak. Tim ini beranggotakan Alifah Fajar Ilmi dan Syuhud Alfadhol. Mereka mendapat bimbingan dari Dosen UNS, Ir. Dr. Dewi Handayani, S.T., M.T., IPM.

Tim UNS merancang bangunan gedung 10 lantai dengan material baja dan beton pracetak berbentuk L dan dibuat sebagai satu kesatuan tanpa adanya dilatasi. Bangunan tersebut didesain tahan terhadap gempa dinamik yang melalui pengujian dengan meja getar. Penggunaan material ini guna mengeksplorasi berbagai keunggulan ataupun kekurangan yang nampak. Sehingga penggunaan material baja dan beton bertulang pracetak dapat menjadi material konstruksi masa depan, khususnya untuk bangunan tinggi.

“Bangunan yang dirancang oleh kedua Tim UNS memiliki keunggulan sebagai bangunan gedung tahan gempa yang berkelanjutan, memiliki kesesuaian implementasi terhadap desain, kelebihan dalam kreativitas rancang-bangun, metode pelaksanaan konstruksi dan memiliki kinerja seismik yang baik,” terang Ir. Widi Hartono, Kamis (23/11/2023).

Tahap Kompetisi
KBGI 2023 dimulai sejak 30 Juni sampai 21 November 2023. Tim UNS memulai untuk membuat desain bangunan dan menuliskannya dalam bentuk proposal. Penyeleksian proposal oleh dewan juri kemudian dilanjutkan pengumuman finalis. Kedua Tim UNS melakukan pembuatan komponen gedung pada rentang waktu 7 September – 16 November 2023.

Pada tahap final, mereka merakit gedung tersebut dalam waktu 4 jam dan dilakukan penilaian terhadap hasil gedung yang telah selesai dibuat. Bangunan yang telah dibuat melalui proses pengujian terhadap ketahanan gempa dinamik di meja getar dengan frekuensi gempa 1,5–5.5 Hz masing-masing selama 60 detik. Setiap tahap frekuensi pengujian gempa akan dievaluasi tingkat kerusakannya oleh dewan juri.

Raih Empat Penghargaan
UNS meraih juara 1 Model Bangunan Gedung dari Beton Pracetak, Pemenang Kategori Kesesuaian Implementasi Terhadap Desain Terbaik, Pemenang Kreativitas Dalam Rancang-Bangun Terbaik, dan Pemenang Metode Pelaksanaan Konstruksi Terbaik.

Ir. Widi Hartono mengatakan bahwa keberhasilan UNS meraih prestasi tertinggi dalam KBGI 2023 merupakan kerja keras yang sangat solid. Menurutnya, keberhasilan ini merupakan buah dari kerja sama dan kontribusi berbagai pihak, utamanya adalah kolaborasi dengan PT Hutama Karya (PT HK).

“Para mahasiswa sudah bekerja keras siang dan malam mempersiapkan lomba untuk kejayaan UNS, khususnya Program Studi D-3 Teknik Sipil SV. Keberhasilan ini merupakan hasil kerja sama tim serta kolaborasi dengan PT Hutama Karya. Kami sangat berterima kasih pada PT HK yang selalu memberikan support kepada Prodi D-3 Teknik Sipil UNS,” ucapnya.* das-kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya