Minggu, 28 April 2024
Unik Menarik
Tips Kesehatan

Pelukan, Cara Nyaman Mengatasi Kecemasan

Memeluk juga dapat melembutkan kepribadian Anda. Seseorang yang kerap memeluk orang-orang terkasih sering menjadi lebih berempati dari waktu ke waktu.

Sabtu, 25 November 2023
pelukan.jpg
Net

KISUTA.com - Memeluk seseorang yang dicintai tidak hanya merupakan cara yang bagus untuk sebuah ikatan, namun juga memiliki beberapa manfaat kesehatan.

Para ilmuwan menemukan bahwa hormon oksitosin (oxytocin) yang dilepaskan ke dalam aliran darah ketika Anda memegang teman. Hal ini akan menurunkan tekanan darah, mengurangi stres dan kecemasan dan bahkan dapat meningkatkan memori Anda.

Namun, Anda harus selektif tentang siapa yang Anda peluk. Memberikan pelukan untuk seseorang yang tidak Anda kenal baik bisa menimbulkan efek sebaliknya, menurut penelitian dari University of Vienna.

Oksitosin, hormon yang diproduksi oleh kelenjar pituitari (pituitary), terutama dikenal untuk meningkatkan ikatan, perilaku sosial, dan kedekatan antara orang tua, anak-anak dan pasangan.

Level oksitosin yang meningkat telah ditemukan, misalnya, dalam mitra dalam hubungan fungsional. Pada wanita, juga dihasilkan selama proses melahirkan dan selama menyusui untuk meningkatkan ikatan ibu dengan bayinya.

Memeluk juga dapat melembutkan kepribadian Anda. Para peneliti mengatakan seseorang yang kerap memeluk orang-orang terkasih sering menjadi lebih berempati dari waktu ke waktu.

Neurofisiolog Jürgen Sandkühler, seperti dikutip Daily Mail, mengatakan: "Efek positif hanya terjadi, jika orang-orang saling percaya, jika perasaan terkait yang hadir saling menguntungkan dan jika sinyal yang sesuai dikeluarkan.

"Jika orang tidak mengenal satu sama lain, atau jika pelukan tersebut tidak diinginkan oleh kedua belah pihak, efeknya hilang," tambahnya.* das - kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya