Minggu, 5 Mei 2024
Sosok Inspirasi

Dema FEB UNS Selenggarakan Sekolah Legislasi

Rabu, 29 November 2023
aafeb.jpg
Humas UNS

KISUTA.com – Dewan Mahasiswa (Dema) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta selenggarakan Sekolah Legislasi bertempat di Aula Gedung Soedarah Soepomo FEB UNS, pada Minggu (26/11/2023).

Acara yang bertajuk “Peran Legislatif dalam Menumbuhkan Partisipasi Generasi Muda pada Pesta Demokrasi 2024” ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada generasi muda tentang proses legislasi dan peran di dalamnya, termasuk pentingnya partisipasi generasi muda pada Pemilu 2024.

Ketua Panitia Kegiatan, Khusnul Putri Syahrani dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk dapat menjalankan fungsi legislatif dengan baik, dibutuhkan mahasiswa yang memiliki keberanian dalam menyampaikan aspirasinya.

“Ada sedikit kekhawatiran bila teman-teman memilih Golput dalam pemilihan mendatang. Maka dari itu setidaknya perlu sebuah kegiatan yang diharapkan mampu memberikan wawasan sehingga mereka juga berpartisipasi secara aktif nantinya. Sekolah Legislasi ini dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan bagi seluruh peserta khususnya generasi muda yang disiapkan untuk perkembangan negeri dalam aspek demokrasi,” terang Khusnul.

Sekolah Legislasi mengundang pembicara dari Anggota Komisi IV DPRD Kota Surakarta yaitu Ginda Ferachtriawan dan Anggota Komisi I DPRD Kota Surakarta, Yudha Sindu Riyanto.

Ginda Ferachtriawan dalam pemaparan materinya menyampaikan bahwa peran legislatif adalah membuat politik itu asik, komunikasi dua arah dan kegiatan serta anggaran yang jelas.

“Dulu pidato atau orasi pemimpin hanya dilakukan di satu ruang dengan jumlah audiens yang terbatas atau tergantung besar ruang dan area. Namun kini dapat dimediasi internet melalui berbagai platform media sosial. Target audiens bisa menjadi berlipat-lipat jumlahnya melalui penggunaan media sosial,” ujar Ginda.

Beliau juga menyampaikan bahwa mahasiswa harus kritis dan melihat lebih dalam agar tidak terkena berita atau informasi hoaks yang dibuat oleh orang yang tidak bertanggung jawab.* das-kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya