Minggu, 5 Mei 2024
Sosok Inspirasi
UNS Wisuda 1.450 Lulusan, 776 Lulus Cumlaude

Rektor UNS Ingatkan Wisudawan, Kesuksesan Itu Butuh Usaha

Sabtu, 2 Desember 2023
aabda1.jpg
Humas UNS

KISUTA.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar prosesi wisuda periode IX Tahun 2023 bertempat di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS, Sabtu (2/12/2023). Dalam kesempatan tersebut, Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. berpesan di hadapan 1.450 wisudawan bahwa kesuksesan masa depan, tidak pernah menjadi sebuah kebetulan.

“Tingkat kesuksesan itu selalu berbanding lurus dengan seberapa besar usaha yang dilakukan. Tak ada yang kebetulan di dunia ini. Sesuatu tidak turun begitu saja dari langit, melainkan harus diperjuangkan dan disongsong dengan persiapan yang matang,” ujar Prof. Jamal di hadapan para wisudawan.

Bahkan, kesempatan seseorang untuk meraih kesuksesanya sangat ditentukan oleh persiapan panjang yang dilakukan. “Yakinlah bahwa tidak ada kerja keras yang mengkhianati,” imbuh Prof. Jamal.

Kampus dan para dosenpun lega, karena telah selesai menunaikan tugas dan tanggungjawabnya, menyiapkan lulusannya membawa serta ilmu dan pengalaman yang telah diberikan. Menjadi sebuah kebanggaan bagi UNS, jika kelak para lulusannya mampu menjadikan ilmu dan gelar yang telah diraih sebagai cara untuk tetap bertahan dalam hidup dan meraih sukses.

“Saat sudah menjadi alumni UNS, jadilah seseorang yang bisa memanfaatkan waktu untuk berbuat baik serta bermanfaat bagi diri sendiri dan juga orang lain,” ujar Prof. Jamal.

Sementara itu, dalam laporannya Plt. Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. menyampaikan bahwa jumlah mahasiswa UNS yang diwisuda pada periode IX tahun 2023 ini sebanyak 1.450 wisudawan.

Di antara para wisudawan tersebut terdapat 776 wisudawan dengan predikat cumlaude atau dengan pujian. Pada wisuda kali ini terdapat 4 wisudawan yang merupakan mahasiswa luar negeri berasal dari negara Timor Leste

Terdapat wisudawan dengan capaian yang luar biasa, diantaranya wisudawan tercepat Program Doktor, Dr. Achmad Sultoni dari Program Studi (Prodi) S3 Pendidikan Bahasa Indonesia, lama studi 2 tahun 11 bulan, IPK 3,92. Wisudawan termuda Program Doktor, Dr. Norce Horlin Mak Momao dari Prodi S3 Ilmu Hukum, dengan usia 28 tahun.

Wisudawan tercepat Program Magister, Rahmawati dari Prodi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat, lama studi 1 tahun 6 bulan, IPK 3,91. Wisudawan termuda Program Magister, Komang Tri Setia Jaya dari Prodi S2 Kenotariatan dengan usia 23 tahun 6 bulan.

Wisudawan tercepat Program Sarjana, Muhamad Luqman Syah dari Prodi Desain Komunikasi Visual, lama studi 3 tahun 4 bulan, IPK 3,72. Wisudawan termuda Program Sarjana, Loviana Ajeng Sari dari Prodi Teknik Industri, dengan usia 20 tahun 4 bulan.

Wisudawan tercepat Program Diploma IV, Adi Agil Pamungkas dari Prodi Demografi dan Pencatatan Sipil, lama studi 3 tahun 11 bulan, IPK 3,85. Wisudawan termuda Program Diploma IV, Nur Hanifah dari Prodi Demografi dan Pencatatan Sipil dengan usia 22 tahun 2 bulan.

Wisudawan tercepat Program Diploma III, Khonifiah Dhiyaul Haq, dari Prodi Farmasi, lama studi 2 tahun 7 bulan, IPK 3,89. Wisudawan termuda Program Diploma III, Oktaviana dari Prodi Farmasi, dengan usia 20 tahun 1 bulan.* das-kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya