Minggu, 28 April 2024
Unik Menarik
Unik

Habis Kawin, Penis Dibuang

Minggu, 10 Desember 2023
buang.jpg
Ist.

KISUTA.com - Hewan bernama chromodoris reticulata ini memiliki keunikan karena alat kelaminnya hanya sekali pakai. Setelah dipakai kawin, alat kelaminnya dibuang dan akan digantikan dengan yang baru. Umumnya hewan mempunyai alat kelamin seumur hidup. Namun bagi chromodoris reticulate, hal itu tidak berlaku. Hewan jenis siput laut ini tidak mempunyai alat kelamin yang abadi.

Hewan ini ditemukan pertama kali oleh Ayami Sekizawa di Samudra Pasifik. Ayami Sekizawa melakukan pengamatan secara detil terhadap hewan yang dinamainya chromodoris reticulata. Dari penelitian ditemukan hal unik, yaitu bagaimana cara hewan hermafrodit (mempunyai dua alat kelamin) ini kawin. Ternyata chromodoris reticulate membuang alat kelaminnya setiap habis kawin. Dalam waktu 24 jam, hewan ini bisa membuat alat kelamin baru untuk kawin lagi.

“Tidak ada hewan lain yang diketahui mampu kawin berulang kali dengan penis sekali pakai,” tulis anggota tim peneliti, Bernard Picton dalam publikasinya di Royal Society Journal Biology Letters.

Sampai saat ini masih belum diketahui kenapa siput laut ini membuang kelaminya dan menganti dengan yang baru. Dugaan sementara, apa yang terjadi pada hewan ini sama seperti penggunaan jarum suntik sekali pakai. Ketika kawin, kelamin hewan ini akan kotor, sehingga untuk menghindari terjadi infeksi akibat kelaminya yang kotor, maka hewan ini membuang kelaminya. Kemudian hewan ini menggantinya dengan kelamin yang baru dan bersih ketika akan kawin lagi. Unik bukan?* ati-kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya