Senin, 29 April 2024
Unik Menarik
Unik

Bongkahan Batu Langka Ini Berharga Rp 6 Triliun, Jadi Rebutan Beberapa Negara

Senin, 18 Desember 2023
batu_2.jpg
Ist.
BONGKAHAN batu Bahia Emerald ini merupakan batu berharga paling besar dan paling langka di dunia. Batu ini memiliki 180 ribu karat, seberat 381 kilogram.*

KISUTA.com - Inilah bongkahan batu yang tercatat paling mahal. Bongkahan batu Bahia Emerald ini nilainya mencapai 400 juta dollar AS atau sekitar Rp 6 triliun. Tak heran,, bongkahan batu langka ini menjadi rebutan di dunia internasional.

Dikabarkan Fox News beberapa waktu lalu, batu langka ini mememasuki perkara hukum dan merupakan batu berharga paling besar dan paling langka di dunia. Batu ini memiliki 180 ribu karat, seberat 381 kilogram.

Menurut laporan Adam Housley di “America’s Newsroom”, setidaknya ada delapan orang yang mengklaim kepemilikan batu emerald raksasa ini dan kini Brasil ikut serta dalam perebutan tersebut.

“Batu itu ditambang di Brasil pada tahun 2001. Sempat berada di New Orleans dan berada di dalam air setelah Badai Katrina. Kini berada di eBay dengan harga 70 juta dollar AS,” demikian dilaporkan Housley.

“Namun Brasil kini masuk dalam permasalahan ini dan mengatakan meski ada delapan individu yang mengaku pemiliknya namun sebenarnya kami adalah pemilik asli dan akan terus berjuang untuk mendapatkannya,” demikian dilaporkan Housley.

Brasil mengklaim jika batu berharga itu adalah kekayaan negara itu dan ditambang secara ilegal, dan dibawa secara ilegal ke Amerika Serikat (AS).* das-kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya