Senin, 29 April 2024
Unik Menarik
Unik

Hotel Kapsul, Tempat Singgah dan Menginap Pekerja Gila Kerja di Jepang

Jumat, 22 Desember 2023
kapsul.jpg
Dok.KISUTA.com
HOTEL kapsul semakin populer di kalangan pekerja kantoran di Jepang. Di kalangan wisatawan berkantong tipis, hotel unik ini populer sebagai tempat persinggahan.*

KISUTA.com - Jepang merupakan salah satu negara yang terkenal dengan mobilitas penduduknya yang sangat tinggi. Orang Jepang bahkan dijuluki sebagai orang gila kerja, karena mereka memang benar-benar pekerja keras yang bisa menghabiskan waktunya lebih banyak di kantor daripada di rumah.

Saking tingginya etos kerja, pekerja di Jepang sering lupa waktu karena asyik bekerja. Banyak pekerja di Jepang yang pulang larut malam hingga akhirnya ketinggalan kereta yang melewati tempat tinggal mereka.

Dilansir Amusingplanet, beberapa waktu lalu, pekerja yang kemalaman atau ketinggalan kereta, memilih tidak pulang ke rumah karena alasan efektivitas waktu. Mereka lebih memilih kembali ke kantor atau tidur di kursi-kursi stasiun.

Kondisi ini ditangkap oleh kalangan pengusaha dengan mendirikan hotel kapsul. Hotel unik berbentuk kapsul ini memberikan kesempatan istirahat bagi pekerja yang kemalaman.

Disebut hotel kapsul karena memang bentuknya menyerupai kapsul. Hotel kapsul pertama dibangun di Distrik Umeda, Osaka yang bernama Capsule Inn Osaka. Hotel kapsul yang dibangun tahun 1979 ini, didesain oleh Kisho Kurokawa.

Sekarang, hotel ini menjadi populer di kalangan pekerja kantoran di Jepang. Di kalangan wisatawan berkantong tipis, hotel unik ini populer sebagai tempat persinggahan.

Kamar-kamar di hotel ini yang disebut kapuseru hoteru, terbuat dari fiberglass dan plastik modular berukuran 2 x 1 x 1,25 meter. Ukuran sebesar ini hanya cukup untuk merebahkan badan dan duduk.

Meskipun minimalis, namun hotel kapsul ini mempunyai fasilitas lengkap seperti kamar mandi, televisi, lampu, jam yang dilengkapi alarm, colokan listrik, koneksi internet, serta tirai untuk menjaga privasi. Untuk menyimpan barang, setiap tamu mendapat fasilitas loker yang letaknya terpisah dengan kamar. Setiap tamu hotel dilarang makan dan merokok di dalam kamar berbentuk kapsul ini.

Penasaran dengan tarif menginap di hotel ini? Menurut informasi, tarif hotel kapsul JPY2.500 – JPY4.500 atau sekitar Rp300.000 – Rp550 ribu per malam.* uma–kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya