Sabtu, 27 April 2024
Unik Menarik
Tips Kesehatan

Biarkan Vaginamu Bernafas, Tidurlah Tanpa Celana Dalam

Sabtu, 23 Desember 2023
celdam.jpg
Net

KISUTA.com - Apakah selama ini cara tidur Anda sudah sehat? Tidur sehat bukan hanya berkaitan dengan posisi tidur, tetapi juga berkaitan dengan pakaian yang Anda kenakan saat tidur.

Berbicara mengenai pakaian yang dikenakan saat tidur, orang biasanya mengenakan pakaian tidur seperti piama atau hanya mengenakan celana pendek atau panjang dan kaos dengan pakaian dalam.

Tahukah Anda, ternyata tidur mengenakan pakaian dalam tidak disarankan, karena tidak baik bagi kesehatan. Beberapa ahli diantaranya dokter obstetrik dan ginekologi dari Mount Kisco, New York, Amerika Serikat bernama Alyssa Dweck, mengatakan, tidur tanpa celana dalam justru dapat menyehatkan area genital.

Pada wanita, jika mengenakan celana dalam, apalagi celana dalam yang ketat saat tidur, bisa membuat vagina tidak "bernapas". Hal ini menyebabkan munculnya iritasi yang menyebabkan area vagina menjadi lembab. Kelembaban membuat bakteri dan jamur mudah berkembang biak. Bakteri dan jamur tak hanya suka area lembab, tetapi juga gelap dan hangat.

Dweck menyarankan, para wanita k hususnya yang menderita peradangan lipatan kulit luar vagina atau istilah medisnya vulvitis kronis, peradangan lipatan kulit luar vagina, dan radang vagina (vaginitis kronis), sebaiknya tidak mengenakan celana dalam. “Hampir seharian penuh seseorang mengenakan celana dalam. Oleh karena itu, malam hari ketika tidur merupakan waktu yang tepat untuk membiarkan arena genital ‘bernapas’,” katanya.

Namun saat sedang menstruasi, tentu seorang wanita harus menggunakan celana dalam. Pilihlah pakaian dalam berbahan katun yang dapat menyerap keringat.

Bagaimana dengan kaum pria? Bagi kaum pria, disarankan tidak mengenakan celana dalam saat tidur. Kalaupun mengenakan, sebaiknya menggunakan celana longgar. Memakai pakaian dalam ataupun celana ketat pada pria dapat meningkatkan suhu testis dibanding mengenakan celana longgar. Tingginya suhu testis dapat menurunkan kualitas sperma.

Namun, seorang urolog dan ahli reproduksi pria dari Stanford University Medical Centerin Palo Alto, California, dr. Michael Eisenberg, mengatakan, tidak terlalu masalah jika pria mengenakan celana dalam ataupun celana pendek boxer saat tidur.* uma–kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya