Kamis, 2 Mei 2024
Sosok Inspirasi
Pendidikan

Silaturahmi Awal Tahun, Rektor UNS Sampaikan Harapan di Tahun 2024

Selasa, 2 Januari 2024
awal.jpg
Humas UNS

KISUTA.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar kegiatan Silaturahmi Awal Tahun 2024 bertempat di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS, Selasa (2/1/2024). Dalam sambutannya, Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. berharap semoga di tahun 2024, UNS akan mampu mempersembahkan kembali berbagai prestasi dan penghargaan yang membanggakan untuk sivitas akademika dan alumninya.

“Kita pantas bersyukur karena dengan berbekal semangat dan optimisme yang tinggi, bahu-membahu untuk saling menguatkan yang dilandasi dengan nilai-nilai kebersamaan, akhirnya kerja kolektif kita sepanjang tahun 2023 bisa membuahkan hasil yang membanggakan. Pada kesempatan ini, saya ingin mengingatkan kembali bahwa masa depan bangsa dan UNS sepenuhnya berada di tangan kita,” ujar Prof. Jamal.

Prof. Jamal menyampaikan torehan prestasi UNS yang telah dipersembahan selama ini. Diantaranya pengakuan pemeringkatan luar negeri yaitu QS Star bintang 4; QS World University Ranking, peringkat 1.001-1.200 dunia dan ranking 10 di Indonesia; QS Asia ranking, peringkat 301-350 dunia, dan ranking 11 di Indonesia; QS WUR Sustainabality, peringkat 701-710 dunia; ranking 10 Indonesia; QS WUR by Subject, untuk 2 subject (Accounting and finace dan Economics and Econometrics);

THE WUR Ranking, peringkat 1201-1500 dunia, ranking 2 di Indonesia; The Asia ranking Economic, peringkat 401-450 dunia, ranking 3 di Indonesia; THE Young University, di posisi 401-500 dunia, ranking 1 di Indonesia; THE WUR by Subject, untuk 8 subject yakni Business & Economics; Clinical & Health; Computer Science; Education; Engineering; Life Sciences; Physical Sciences dan Social Sciences; Webomatrics, peringkat 1.037 dunia; ranking 7 Indonesia; UI Greenmatrics, peringkat 43 dunia; ranking 6 Indonesia, serta pemeringkatan Applied-HE, posisi 32 ASEAN; 10 Indonesia.

Di tingkat dunia, peringkat UNS berangsur-angsur menempati posisi yang terhormat. Kemudian prestasi di dalam negeri pun tidak kalah sukses, diantaranya: peghargaan Indikator Kinerja Utama (IKU) Diktiristek, UNS menduduki peringkat 2 (Top 10%) dari 16 PTNBH dan Penghargaan 2 IKU, yakni IKU 6 dan IKU 7; Meraih 3 Penghargaan Anugerah Diktiristek, masing-masing 2 Penghargaan kategori Siaran Pers dan Majalah; 1 Penghargaan Laporan Kerjasama dan 2 Academic Leader bidang Teknologi dan Seni Budaya. Komisi Informasi Pusat (KIP) juga memberikan penghargaan bagi UNS sebagai Badan Publik Informatif tahun 2023. Disamping UNS juga berhasil meraih penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Pelaksana Terbaik 1 Inovasi Pembelajaran bagi Mahasiswa Disabilitas.

“Saya sangat berharap berbagai prestasi dan reputasi UNS tersebut harus tetap kita jaga keberlangsunganya,” imbuh Prof. Jamal.

Prof. Jamal juga mengingatkan, bagi bangsa Indonesia, tahun 2024 ini memiliki makna yang sangat penting, karena sekaranglah seluruh masyarakat Indonesia akan menentukan pilihanya mencari sosok atau figure calon pemimpin bangsa yang mumpuni, yang diharapkan dapat membawa kemajuan Indonesia, setidaknya untuk jangka waktu 5 tahun kedepan. Demikian juga bagi sivitas akademika UNS, yang pada awal tahun 2024 ini akan kembali menggelar pemilihan anggota Majelis Wali Amanat (MWA) dan Rektor untuk periode jabatan 5 tahun kedepan, sebagai tindak lanjut dari Permendikbudristek No. 24 Tahun 2023 tentang Penataan Peraturan Internal dan Organ di Lingkungan UNS.

“Kedua momentum tersebut perlu disikapi dengan dewasa dan bijak. Perbedaan pilihan sejatinya merupakan sesuatu hal yang biasa dan wajar terjadi. Semangat kedewasaan berdemokrasi, dengan senantiasa menghormati aturan, norma dan itikad berdemokrasi harus menjadi bagian penting sivitas akademika UNS dalam memprakarsainya,” tegas Prof. Jamal.

Ketua Panitia Silaturahmi Awal Tahun 2024, Prof. Dr. E. Muhtar, S.Pd., M.Si., CFrA menyampaikan, kegiatan Silaturahmi Awal Tahun 2024 ini digelar secara luring dan daring dengan mengundang Ketua, Sekretaris dan Anggota Senat Akademik (SA), Ketua, Sekretaris dan Anggota Dewan Profesor (DP), Rektor beserta Wakil Rektor, Sekretaris Universitas, Direktur dan Wakil Direktur, Dekan dan Wakil Dekan, Kepala UPT, Kepala Program Studi (Kaprodi), Dosen, Koordinator, Subkoordinator, tenaga kependidikan dan perwakilan mahasiswa.

“Tujuan dari silaturahmi awal tahun ini yaitu untuk meningkatkan kerukunan dan keharmonisan pada keluarga besar UNS,” ujar Prof. Muhtar.

Dalam Silaturahmi Awal Tahun 2024 tersebut, Guru Besar Fakultas Hukum (FH) sekaligus Kepala Pusat Studi Demokrasi dan Ketahanan Nasional (Pusdemtanas) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS, Prof. Dr. Sunny Ummul Firdaus, S.H., M.H. membawakan pidato dengan judul Legitimasi dan Konstitusionalitas Pergantian Kepemimpinan Dalam Era Demokrasi Kontemporer.* das-kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya