Kamis, 2 Mei 2024
Sosok Inspirasi
Pendidikan

Jalin Kerja Sama dengan Pemkab Setempat, UNS Kembangkan Kampus di Kebumen

Selasa, 2 Januari 2024
kebumen.jpg
Humas UNS

KISUTA.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen berkomitmen untuk mengembangkan fasilitas Pendidikan di Kampus UNS Kebumen. Hal ini disampaikan Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T. saat melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan di Pendopo Kabumian, Kebumen pada Minggu (31/12/2023). Kerja sama ini merupakan bentuk keseriusan antara UNS dengan Pemkab Kebumen dalam mengembangkan fasilitas pendidikan UNS di Kebumen.

Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto menyatakan bahwa hubungan yang baik antara Pemkab Kebumen dan UNS telah berlangsung lama, terutama dengan keberadaan Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UNS yang sudah lama berdiri di Kebumen. Oleh karena itu, Pemkab Kebumen merasa perlu mengembangkan fasilitas pendidikan UNS di Kebumen.

Melalui penandatangan MoU ini, Arif Sugiyanto mengungkapkan bahwa pihaknya akan memberikan hibah lahan dan bangunan untuk kampus UNS di Kebumen. Namun, pada tahap awal, ini bersifat pinjam pakai hingga tahun 2025 dan lokasinya berada di bekas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kebumen. Langkah ini diambil untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kebumen.

"Dengan MoU ini, kita ingin mendorong kemajuan dunia pendidikan di Kebumen," ujar Arif Sugiyanto.

Sementara itu, Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T. menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Pemkab Kebumen yang bersedia berkolaborasi dalam upaya meningkatkan Pendidikan di Kebumen. UNS siap menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) dan mengelola operasional pendirian kampus baru di Kebumen.

"Dalam kerja sama ini, Pemkab Kebumen menyediakan lahan dan sarana prasarananya, sementara dari kami (UNS) menyediakan SDM, maintenance, gaji pegawai, dan sebagainya," terang Prof. Kuncoro.

Rencananya, pada tahap awal, akan dibuka dua hingga tiga Prodi atau fakultas baru. Kemungkinan besar akan melibatkan Prodi atau Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Hukum, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP).

"Untuk Prodi/Fakultas baru di Kebumen, kita fokuskan pada jenjang S1 terlebih dahulu. Sementara PGSD kami sudah membuka jenjang S1 dan S2," jelasnya.* das-kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya