Kamis, 2 Mei 2024
Sosok Inspirasi
Pendidikan

Program Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UNS Kembali Raih Akreditasi Unggul

Selasa, 9 Januari 2024
bi.jpg
Humas UNS

KISUTA.com – Program Studi Doktor (S-3) Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil mempertahankan akreditasi unggul (A) berdasarkan Surat Keputusan Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) Nomor 63/SK/LAMDIK/Ak/D/I/2024. Status akreditasi ini berlaku selama 5 tahun, yakni sejak 21 Desember 2023 hingga 20 Desember 2028. Raihan ini menjadikan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, jenjang S-1, S-2, dan S-3 keseluruhannya terakreditasi unggul (A).

Sebelumnya, telah dilakukan kegiatan asesmen lapangan yang dilakukan pada 13-14/12/2023 dengan dihadiri asesor LAMDIK, yakni Prof. Dr. Kisyani Laksono, M.Hum dari Universitas Negeri Surabaya dan Prof. Dr. Drs. Maman Suryaman, M.Pd. Kegiatan asesmen lapangan ini dimaksudkan untuk melakukan penilaian pada 9 kriteria, yakni visi, misi, tujuan, dan strategi; tata pamong, tata kelola, dan kerja sama; mahasiswa; sumber daya manusia; keuangan, sarana, dan prasarana; pendidikan; penelitian; pengabdian kepada masyarakat; serta luaran dan capaian tridharma. Hasil akhir penilaian dan asesmen lapangan menetapkan Program Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia meraih peringkat Unggul dengan nilai 373.

Kepala Program Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UNS, Prof. Dr. Andayani, M.Pd. menyatakan bersyukur atas capaian akreditas Prodi S-3 Pendidikan Bahasa Indonesia. Ia berharap Prodi S-3 Pendidikan Bahasa Indonesia ini dapat menjadi Prodi berbasis riset inovatif dan dapat mendorong penginternasionalan Bahasa Indonesia.

“Atas capaian akreditasi LAMDIK Program Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UNS, saya selaku kepala Prodi sangat bersyukur dan berterima kasih yang tak terhingga kepada para pimpinan UNS, LPPMP UNS khususnya Prof. Dr. Sarwiji Suwandi dan jajarannya. Pimpinan FKIP dan jajarannya dan seluruh dosen S-3 PBI yang telah ikut berjuang memajukan S-3 PBI UNS. Kedepannya, saya berharap agar cita-cita menuju Prodi berbasis riset yang inovatif dan mengangkat bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional, serta dapat menjunjung tinggi budaya lokal dapat segera terwujud,” terang Prof. Andayani dalam rilis yang diterima uns.ac.id, Selasa (9/1/2024).

Hal ini selaras dengan visi keilmuan Program Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UNS yang bercita-cita untuk, ‘Menjadi pusat pengkajian dan pengembangan ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang unggul di tingkat Internasional berbasis teknologi dan berlandaskan nilai-nilai luhur budaya nasional’.

Prof. Andayani, hadirnya Program Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia ini memiliki tujuan untuk dapat menghasilkan doktor yang dapat menjadi dosen dalam bidang Pendidikan Bahasa Indonesia yang mampu menjadi ilmuwan yang memiliki iman dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, mengamalkan Pancasila dan nilai-nilai luhur bangsa, berakhlak mulia, berintegritas, serta memiliki keterampilan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kemudian mampu menghasilkan doktor yang dapat menjadi peneliti yang bersikap kritis, kreatif, produktif, dan inovatif baik dalam bidang ilmu maupun di pendidikan pada umumnya untuk memecahkan berbagai problema masyarakat yang sedang membangun. Serta menghasilkan doktor yang dapat menjadi wirausahawan dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia serta wirausahawan sebidang berbasis teknologi yang dapat meningkatkan kemampuan diri dan prestasinya untuk mendukung tugasnya di masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.* das-kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya