Senin, 29 April 2024
Sosok Inspirasi
Pendidikan

Untuk Pertama Kalinya, Plt. Rektor UNS Mewisuda 900 Lulusan

Sabtu, 27 Januari 2024
mewi.jpg
Humas UNS
PELAKSANA Tugas (Plt.) Rektor UNS Surakarta, Dr. Chatarina Muliana, S.H., S.E., M.H. mewisuda sebanyak 900 lulusan UNS. Wisuda diselenggarakan secara luring dan daring di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS, Sabtu (27/1//2024).*

KISUTA.com - Untuk pertama kalinya, Pelaksana Tugas (Plt.) Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Dr. Chatarina Muliana, S.H., S.E., M.H. mewisuda sebanyak 900 lulusan UNS. Wisuda diselenggarakan secara luring dan daring di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS, Sabtu (27/1//2024).

Dalam sambutannya, Plt. Rektor UNS, Dr. Chatarina Muliana, S.H., S.E., M.H. menyampaikan atas nama pimpinan UNS mengucapkan selamat dan sukses kepada 900 wisudawan atas keberhasilan yang telah diraih.

“Setelah kami lepas kalian semua, segera menempuh hidup bermasyarakat, dengan memberikan kontribusi terbaik untuk kepentingan kemajuan bangsa dan negara Indonesia,” ujar Dr. Chatarina.

Dr. Chatarina mengatakan, proses wisuda dengan memindahkan tali kuncir topi toga dari kiri ke kanan telah selesai dilakukan. Hal ini merupakan harapan, jika semasa kuliah lebih banyak menggunakan otak kiri atau hardskill, maka setelah kalian lulus diharapkan akan lebih banyak menggunakan otak kanannya yang berhubungan dengan imajinasi, inovasi, kreativitas hingga softskill lainnya.

Menurut Dr. Chatarina, kemampuan tersebut diyakini dapat mendorong munculnya ide-ide baru dan segar, yang akan mendukung kemampuan bersaing dan kesuksesan karier di masa depan.

“Nilai IPK yang tinggi, prestasi cumlaude yang kalian raih hanyalah sekadar pintu masuk untuk meraih pekerjaan yang lebih layak, tetapi nilai-nilai karakter yang kalian miliki yang ada pada diri kalian merupakan kunci kesuksesan karier dan hidup saudara,” imbuh Dr. Chatarina.

Sebagai alumni perguruan tinggi, tidak hanya dituntut sekadar meneruskan keberhasilan para pendahulu saja, melainkan harus mampu menciptakan ide-ide besar dan cara baru yang selalu relevan, adaptif dengan perubahan zaman. Ingatlah bahwa perubahan adalah hal yang pasti, sedangkan untuk mau berubah adalah sebuah pilihan. Namun jika memilih untuk tidak mau berubah, maka akan tertinggal oleh perubahan itu.

“Saya mengajak kepada para wisudawan untuk senantiasa melipat gandakan optimisme yang tinggi, karena kalian sebagai generasi muda adalah pagar depan perubahan dan menjadi sebab dari majunya sebuah peradaban. Muda bukan hanya soal usia, tetapi soal semangat, gagasan dan cita-cita. Semoga para wisudawan UNS, akan berhasil lulus ujian di universitas kehidupan,” ujar Dr. Chatarina.

Sementara itu, dalam laporannya, Plt. Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. menyampaikan dalam wisuda periode I tahun 2024, UNS mewisuda 900 lulusan. Diantara para wisudawan tersebut terdapat 253 wisudawan dengan predikat cumlaude atau dengan pujian. Pada wisuda kali ini, terdapat 1 wisudawan yang merupakan mahasiswa luar negeri berasal dari negara Timor Leste.

Terdapat wisudawan dengan capaian luar biasa, diantaranya wisudawan tercepat Program Doktor diraih oleh Edi Kurniawan dari Program Studi (Prodi) S3 Ilmu Pendidikan, lama studi 2 tahun 11 bulan. Wisudawan termuda Program Doktor diraih oleh Aditya Pandu Wicaksono dari Prodi S3 Ilmu Ekonomi, dengan usia 32 tahun 2 bulan. Wisudawan tercepat program magister diraih oleh Laura Pattiiha dari Prodi S2 Kenotariatan, lama studi 1 tahun 9 bulan.

Wisudawan termuda Program Magister diraih Dian Patarida Sitorus dari Prodi S2 Kenotariatan, dengan usia 24 tahun 4 bulan. Wisudawan tercepat program sarjana diraih Rahmad Rizki Nur Arifin dari Prodi Teknik Mesin, lama studi 3 tahun 4 bulan. Wisudawan termuda program sarjana diraih Konitah Nur Rahmawati dari Prodi Ilmu Tanah, dengan usia 20 tahun 9 bulan.

Wisudawan tercepat program diploma IV, Dewi Fortuna dari Prodi Demografi dan Pencatatan Sipil, lama studi 3 tahun 11 bulan. Wisudawan termuda program diploma IV diraih Avindar Rachmadi Ikhsan dari Prodi Demografi dan Pencatatan Sipil, dengan usia 21 tahun 10 bulan.

Wisudawan tercepat program diploma III diraih Risma Insyafani dari Prodi Farmasi, lama studi 2 tahun 9 bulan dan wisudawan termuda program diploma III diraih Muhammad Ali Marzuki dari Prodi Teknik Mesin, dengan usia 20 tahun 3 bulan.* das-kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya