Senin, 26 Februari 2024
Sosok Inspirasi
Pendidikan

Fakultas Kedokteran UNS Luluskan 4 Doktor Baru Selama Januari 2024

Kamis, 1 Februari 2024
doktor.jpg
Humas UNS

KISUTA.com - Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sepanjang bulan Januari 2024 ini telah meluluskan 4 orang doktor baru yakni 1 orang dari Program Studi S3 Ilmu Kedokteran dan 3 orang dari Program Studi S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Keempat orang doktor tersebut yaitu Dr. Endang Listyaningsih S, dr., M.Kes., Sp.Ak.; Dr. Hari Wahyu Nugroho, dr., Sp.A(K)., M.Kes; Dr. Lilis Maghfuroh, S.Kep. Ners., M.Kes.; dan Dr. Violita Siska Mutiara, S.ST., M.Kes. yang kesemuanya menjalani Ujian Terbuka Promosi Doktor di Auditorium FK UNS.

Dr. Endang Listyaningsih S, dr., M.Kes., Sp.Ak. dari Program Studi S3 Ilmu Kedokteran menjalani Ujian Terbuka Promosi Doktor pada tanggal 16 Januari 2024 dengan judul disertasi ‘Pengaruh Terapi Akupunktur Titik Mingmen (GV4) dan Zusanli (ST36) Terhadap Ginjal Mencit (Mus Musculus L) Model Nefritis Lupus’ Kajian Terhadap Kortisol, Transforming Growth Factor β1, Gambaran Nefritis, Interstisial Fibrosis dan Glumerulosklerosis Ginjal pada Mencit (Mus Muscullus L) Model Nefritis Lupus.

Setelah melalui ujian terbuka ini, Dr. Endang Listyaningsih dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan dan meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,93 dalam masa studi 7 tahun. Dr. Endang Listyaningsih merupakan doktor yang ke-76 yang diluluskan dari Program Studi S3 Ilmu Kedokteran FK UNS dan doktor yang ke-1.026 yang diluluskan dari UNS.

Sedangkan doktor yang diluluskan dari Program Studi S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat adalah Dr. Hari Wahyu Nugroho, dr., Sp.A(K)., M.Kes. yang menjalani Ujian Terbuka Promosi Doktor pada tanggal 22 Januari 2024 dengan judul disertasi ‘Analisis Hubungan antara Memori Jangka Pendek dengan Determinan Sosial pada Anak Usia 15-18 Tahun Berdasarkan Data Indonesian Family Life Survey Gelombang 4 dan 5’ Kajian Variabel Tingkat Pendidikan Ibu, Tingkat Ekonomi Keluarga, Lama Pendidikan Anak, Merokok, Usia, Inflamasi, Stres.

Pada ujian ini, Dr. Hari Wahyu Nugroho dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan dan meraih IPK 3,97 dengan lama studi 4 tahun 6 bulan. Dr. Hari Wahyu Nugroho merupakan doktor yang ke-21 dari Program Studi S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat FK UNS dan merupakan doktor yang ke-1.027 yang diluluskan dari UNS.

Doktor lain dari Program Studi S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat FK UNS adalah Dr. Lilis Maghfuroh, S.Kep. Ners., M.Kes. yang menjalani ujian terbuka promosi doktor pada tanggal 23 Januari 2024 dengan judul disertasi ‘Instrumen Surveilans Perkembangan Anak Prasekolah (SAPALAH) untuk Guru PAUD’.

Pada ujian terbuka promosi doktor ini, Dr. Lilis Maghfuroh dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan dan meraih IPK 3,95. Dr. Lilis Maghfuroh merupakan doktor yang ke- 22 yang diluluskan oleh Program Studi S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat FK UNS dan merupakan doktor yang ke-1.028 yang diluluskan dari UNS.

Doktor terakhir yang menjalani ujian terbuka pada bulan Januari ini adalah Dr. Violita Siska Mutiara, S.ST., M.Kes. Ujian dilaksanakan pada tanggal 24 Januari 2024 dengan mengambil judul disertasi ‘Promosi Kesehatan Berbasis Komunitas Daring untuk Meningkatkan Literasi Kesehatan: Studi Netnografi pada Komunitas Daring di Indonesia’.

Pada ujian terbuka ini, Dr. Violita berhasil lulus dengan predikat sangat memuaskan dan meraih IPK 3,99. Dr. Violita merupakan doktor yang ke-23 yang diluluskan oleh Program Studi S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat FK UNS dan merupakan doktor yang ke- 1.030 yang diluluskan dari UNS.

Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K) menyambut baik dengan bertambahnya lulusan program doktor dari FK UNS.

“Tentunya ini merupakan hal yang baik karena dengan bertambahnya doktor maka akan semakin memperkuat instansi dari segi keilmuan dan saya berharap para doktor ini bisa menunjukkan kiprah dan sumbangsihnya dalam bidang kelimuan di instansi tempat mereka bekerja melalui berbagai penelitian atau publikasi ilmiah,” ucap Prof. Reviono, Kamis (1/2/2024).* das-kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya