Sabtu, 27 April 2024
Sastra & Humor
HeHeHe...

Nasihat Khalifah Ali

Kamis, 9 April 2020

KISUTA.com - Zaman dahulu ada seorang yang sangat kaya meninggal dunia, ia mewariskan kekayaannya kepada tiga orang anaknya. Di antara kekayaannya itu terdapat tujuh belas unta. Dalam surat wasiatnya disebutkan bahwa anak tertua mendapat separuh kekayaannya, anak nomor dua mendapat sepertiga, dan si bungsu mendapat sepersembilan kekayaannya.

Kebanyakan harta si mati itu dengan mudah dibagi di antara ketiga anaknya, namun ketiga anaknya itu menjadi pusing ketika harus membagi unta-unta tersebut sesuai dengan yang diwasiatkan ayahnya. Unta itu jumlahnya tujuh belas, bagaimana pula bisa membaginya menjadi separuh, sepertiga, dan sepersembilan?

Ketika ahli waris itu bertanya kepada orang-orang bijak di seluruh negeri bagaimana memecahkan masalah tersebut, tetapi tidak seorang pun bisa membantunya. Akhirnya mereka bertiga menghadap Khalifah Ali untuk mendapatkan nasihat dari beliau.

"Ah, itu mudah saja," kata Khalifah Ali. "Begini caranya, Aku akan meminjamkan seekor unta kepada kalian untuk sehari saja. Jadi kalian akan memiliki delapan belas unta. Kau, si sulung, akan menerima sembilan unta, yakni separuh dari delapan belas. Yang berikutnya akan mendapat enam ekor, yakni sepertiganya; Sedang si bungsu akan mendapat dua ekor, yakni sepersembilannya. Jadi, kalau dijumlahkan semuanya tujuh belas ekor, jumlah yang sama dengan yang diwariskan ayah kalian. Lalu kalian kembalikan saja sisa seekor unta milikku yang kupinjamkan tadi. Nah, kalian pasti puas, begitu juga almarhum ayahmu." das/"Humor Sufi" - kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya