Senin, 17 Juni 2024
Sastra & Humor
Kabar

UNS Bersama 21 Perguruan Tinggi di Solo Raya Gelar Deklarasi Pemilu Damai

Jumat, 29 Desember 2023
deklarasi.jpg
Humas UNS

KISUTA.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bersama 21 Perguruan Tinggi di Solo Raya melakukan Deklarasi Pemilihan Umum (Pemilu) Damai. Deklarasi tersebut digelar di Halaman Gedung dr. Prakosa UNS, Jumat (29/12/2023).

Ada lima poin yang disampaikan pada deklarasi yang dipimpin langsung oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. Poin pertama yaitu mewujudkan Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Poin kedua adalah menghormati perbedaan pendapat dan perbedaan aspirasi politik tanpa merendahkan martabat pihak lain. Poin ketiga menolak segala bentuk kekerasan, intimidasi, ujaran kebencian, dan hoaks atas dasar SARA, intoleransi, dan radikalisme dalam penyelenggaraan Pemilu yang dapat merusak perdamaian dan keharmonisan masyarakat.

Selanjutnya, poin keempat adalah menjadikan Pemilu sebagai momentum untuk memperkuat demokrasi Indonesia, menciptakan pemerintahan yang responsif, transparan, dan mampu mewujudkan kesejahteraan rakyat. Dan poin kelima adalah tunduk dan patuh terhadap segala ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam deklarasi Pemilu damai ini, UNS mengundang 21 Rektor Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta di Solo Raya beserta perwakilan mahasiswa. “Kami sepakat agar pelaksanaan Pemilu dan tahapan Pemilu di Indonesia dimana sekarang sudah mulai tahapan kampanye berjalan dengan damai dan lancar. Perguruan Tinggi di Solo Raya berharap pelaksanaan Pemilu bisa berjalan dengan jujur, adil dan terjaga keamanannya. Kita dari 21 perguruan tinggi sepakat untuk melakukan deklarasi damai,” terang Prof. Jamal.

Rektor Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, Prof. Dr. Sutoyo, M. Pd., yang hadir dalam kesempatan tersebut memberikan dukungan terkait dengan pelaksanaan deklarasi Pemilu damai. “Sebagai sivitas akademika dimanapun memiliki kewajiban untuk mensukseskan Pemilu dengan baik dan ini menjadi tanggung jawab kita semua. Kami dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) mendukung sepenuhnya deklarasi Pemilu damai,” ujar Prof. Sutoyo.

Sejumlah Perguruan Tinggi di Solo Raya yang diundang untuk mengikuti deklarasi Pemilu damai meliputi Unisri Surakarta, Universitas Surakarta (Unsa), Universitas Tunas Pembangunan (UTP), Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Universitas Sahid Surakarta, UIN Raden Mas Said Surakarta, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Universitas Duta Bangsa Surakarta, Politeknik Indonusa Surakarta, Universitas Islam Batik (Uniba), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AUB Surakarta, Universitas Aisyiyah Surakarta, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Sinar Nusantara, Universitas Nahdhatul Ulama, Universitas Kristen Surakarta, Poltekkes Kemenkes Surakarta, Universitas Setia Budi (USB) dan Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil.* das-kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya