Senin, 26 Februari 2024
Sastra & Humor

UNS Jalin Kerja Sama dengan Bank Muamalat Indonesia

Rabu, 10 Januari 2024
jalin.jpg
Humas UNS

KISUTA.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalin kerja sama dengan PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. dengan CEO PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk, Indra Falatehan yang digelar secara luring di Ruang Sidang 1 Gedung dr. Prakosa UNS, Rabu (10/1/2024).

Dalam sambutannya, Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. mengucapkan selamat datang kepada CEO beserta jajaran PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk dan jajaran pengurus Badan Pengelola Keuangan Haji di Kampus Benteng Pancasila. Perkembangan dunia perbankan yang begitu cepat memungkinkan suatu perguruan tinggi melakukan kerja sama dengan industri perbankan. “Perlu kami berikan informasi bahwa UNS sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) sudah memiliki kerja sama dengan 6 perbankan. Kemudian dengan PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk ini adalah kerja sama ke-7 dengan perbankan,” terang Prof. Jamal.

Kerja sama antara UNS dengan PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk ini meliputi pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan bidang- bidang lainnya. UNS berharap dengan model Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang sekarang sedang digiatkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan UNS secara khususnya dapat terealisasi dengan PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk.

“Kami ingin mahasiswa UNS bisa magang di Bank Muamalat. Dengan magang tersebut, mahasiswa kami bisa tahu bagaimana bekerja di industri perbankan sehingga akan menambah pengalaman,” ujarnya.

Kemudian, bentuk kerja sama bidang pendidikan lainnya bisa dengan mengirim Sumber Daya Manusia (SDM) PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk yang belum mengambil S2 dan S3, dapat melanjutkan studi di UNS. “Kalau ada pegawainya yang belum master dan doctor silahkan bisa kuliah di UNS. UNS memiliki 47 Prodi S2 dan 23 Prodi S3,” imbuhnya.

Prof. Jamal juga berharap ahli-ahli perbankan dari PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk bersama-sama memajukan UNS dengan menjadi tenaga pendidik yang berasal dari profesional. “Kami akan berikan waktu dan tempat agar para mahasiswa terutama dari FEB, FH dan fakultas lain tidak hanya dari akademisi saja untuk mata kuliah perbankan, namun juga dari profesional di bidangnya,” imbuh Prof. Jamal.

Lalu kerja sama bidang penelitian, semoga setelah acara penandatanganan nota kesepahaman ini diharapkan akan ada kolaborasi riset antara UNS dengan PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk. “Misal dari PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk mau membuat riset terkait kepuasaan pelanggan terhadap layanan PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk, silahkan bisa dilakukan dengan dosen-dosen UNS. Kami berharap kerja sama ini tidak hanya menguntungkan satu pihak, namun dapat menguntungkan kedua belah pihak,” ujar Prof. Jamal.

Sementara itu, CEO PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk, Indra Falatehan mengucapkan terima kasih atas sambutan yang hangat dari Rektor dan juga jajaran pimpinan UNS. “Kami bahagia karena dinyatakan sebagai bank ketujuh yang sudah bekerja sama dengan UNS,” ujar Indra.

Banyak hal yang nantinya bisa dikerjasamakan dengan PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk mengingat saat ini Link and Match antara dunia Pendidikan dengan dunia industri sangat diperlukan. Terkait magang mahasiswa, sangat terbuka karena PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk sebagai perbankan yang terus-menerus butuh SDM yang Fresh Graduate dari kampus untuk bekerja di PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk.

Indra menambahkan, saat ini PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk sudah menjadi salah satu bank yang memperoleh ijin untuk menyalurkan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN). Bahkan PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk juga sudah bekerja sama dengan PT Taspen. “Kami ingin memberikan edukasi tentang perbankan syariah. Dan kami sangat bangga bisa bekerja sama dengan UNS. Semoga kerja sama ini dapat memberikan keberkahan untuk kedua belah pihak,” pungkas Indra.* das-kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya