Senin, 17 Juni 2024
Unik Menarik
Tips Kesehatan

Sembilan Manfaat Mentimun bagi Kesehatan

Kamis, 25 Januari 2024
mentimun3.jpg
Dok.Ki Suta

KISUTA.com - Orang menyebutnya bonteng, timun atau mentimun. Sayuran ini hampir ada di setiap negara, karenanya tak mengherankan jika timun menduduki urutan ke-empat sayuran yang paling banyak dibudidayakan di dunia.

Selain bisa dimakan langsung sebagai lalapan, timun biasanya menjadi pelengkap hidangan seperti gado-gado, acar, dan salad. Ada juga yang menjadikan timun sebagai minuman segar.

Timun ternyata tak sekadar enak dimakan, tetapi memiliki manfaat bagi kesehatan. Sejauh mana manfaat tersebut? Seperti dikutip dari naturalnews.com, ada 9 manfaat timun bagi kesehatan.

1. Timun sangat kaya akan kandungan vitamin B, sehingga bisa menjadi sumber vitamin B bagi tubuh yang bisa menjaga tubuh dari serangan penyakit.

2. Timun mengandung 95% air sehingga dapat menjaga tubuh dari dehidrasi, sekaligus membantu tubuh menghilangkan racun. Selain itu, timun mengandung sebagian besar vitamin yang dibutuhkan tubuh sehari-hari. Di antaranya vitamin C yang banyak terkadung dalam kulit timun.

3. Kulit timun bisa digunakan untuk mengatasi iritasi kulit dan luka bakar. Sementara potongan timun bisa digunakan untuk mengatasi mata bengkak, karena sifat anti-inflamasinya dapat membantu mengurangi pembengkakan. Sedangkan kandungan silicon dan sulfur dalam timun, dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut.

4. Jika selama ini timun kurang dikenal sebagai tanaman yang bisa mengurangi penyebaran sel kanker, dari informasi yang disampaikan naturalnews.com, ternyata timun mempunyai kemampuan tersebut. Timun mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol yang ketiganya memiliki sejarah kuat dari penelitian sehubungan dengan penurunan resiko beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanker ovarium, kanker rahim, dan kanker prostat.

5. Bagi Anda yang bermasalah dengan bau mulut, bisa menggunakan seiris timun untuk mengatasinya. Caranya, tekan irisan timun ke langit-langit mulut selama 30 detik. Kandungan fitokimia dalam timun akan membunuh bakteri penyebab bau mulut.

6. Sakit kepala di pagi hari merupakan hal yang menyebalkan. Untuk mengurangi gangguan ini, makanlah beberapa iris timun sebelum tidur, karena timun mengandung gula, vitamin B, dan elektrolit yang bisa mengurangi sakit kepala.

7. Timun merupakan makanan yang baik bagi Anda yang sedang berdiet untuk menurunkan berat badan, karena kandungan kalorinya rendah sementara kandungan airnya sangat tinggi. Kandungan air yang tinggi dan serat makanan dalam timun sangat efektif dalam membersihkan tubuh dari racun yang ada pada sistem pencernaan. Mengonsumsi timun setiap hari dapat dianggap sebagai obat untuk sembelit kronis.

8. Bagi Anda yang menderita diabetes, jus ketimun sangat baik dikonsumsi karena mengandung hormon yang dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin. Para peneliti menemukan bahwa senyawa yang disebut sterol dalam timun dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Timun mengandung banyak kalium, magnesium dan serat. Ini akan bekerja efektif untuk mengatur tekanan darah. Hal ini membuat timun sangat membantu dalam mengatasi tekanan darah rendah dan tekanan darah tinggi.

9. Timun yang kaya akan vitamin A, B1, B6, C & D, folat, kalsium, magnesium, dan kalium dapat membantu meningkatkan kesehatan sendi dengan memperkuat jaringan ikat. Ketika dicampur dengan jus wortel, timun bisa meredakan encok dan nyeri artritis dengan cara menurunkan kadar asam urat.

Nah, setelah melihat manfaatnya yang begitu banyak untuk kesehatan, jangan lupa memasukan timun dalam menu makanan sehari-hari.* Ki Suta-kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya