Senin, 22 April 2024
Sosok Inspirasi
Pendidikan

LSP UNS Selenggarakan Workshop Penyusunan MUK Versi 2023 BNSP

Rabu, 6 Maret 2024
workshop.jpg
Humas UNS

KISUTA.com - Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan Workshop Penyusunan Materi Uji Kompetensi (MUK) versi 2023 Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Kegiatan yang berlangsung di Ruang Werkudoro Lantai 2 UPT Perpustakaan UNS ini merupakan kerja sama antara LSP UNS dengan BNSP.

Workshop kali ini, BNSP menugaskan dua Master Asesor BNSP selaku narasumber yaitu Heri Budi Utomo, S.T., M.T. dan Dra. AY. Retno Dwidarsih, M.Si. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi asesor LSP UNS dalam Menyusun MUK terbaru versi 2023 BNSP. Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB ini diikuti oleh 62 asesor aktif LSP UNS. Pada saat ini LSP UNS telah memiliki 153 asesor di berbagai bidang dan kompetensi untuk 54 skema yang telah diverifikasi oleh BNSP.

Kegiatan workshop ini dibuka oleh Kepala Bagian Sertifikasi LSP UNS, Prof. Dr. Ir. Purwanto, MS. “Workshop MUK ini merupakan upaya yang dilakukan oleh LSP UNS untuk menyempurnakan MUK yang lama ke sistem MUK terbaru versi September 2023 BNSP. Keikutsertaan asesor merupakan syarat wajib khususnya bagi asesor Angkatan 2021 yang berjumlah 70 aseseor sebagai syarat untuk dapat mengikuti Recognition Current Comptency (RCC) /Perpanjangan sertifikat asesor yang direncanakan akan berlangsung pada bulan Juli. Dengan MUK yang baru diharapkan meningkatkan kualitas assessment termasuk asessi yang lulus oleh asesor LSP benar-benar memenuhi kompetensi sesuai dengan keperluan dunia usaha dunia industri (DUDI),” tutur Prof. Dr. Ir. Purwanto, M.S. disela-sela acara yang digelar pada Selasa (27/2/2024).

Heri Budi Utomo, S.T.,M.T. selaku master asesor memberi arahan langsung terkait teknis penyusunan Materi Uji Kompetensi (MUK) terbaru versi 2023 BNSP. Disisi lain, Dra. AY. Retno Dwidarsih, M.Si. menyampaikan peraturan yang harus ditaati dalam penyusunan MUK terbaru versi 2023 BNSP.

Workshop MUK LSP UNS ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kompetensi asesor LSP UNS dalam menyusun MUK terbaru versi 2023 BNSP. Dengan adanya workshop ini, diharapkan para asesor dapat menyusun dokumen yang memberikan panduan yang jelas dan lengkap bagi peserta uji kompetensi serta memenuhi persyaratan BNSP.* das-kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya